Kedai Terang Bintang Sajikan Kuliner Sedap dan Menarik di Tengah Pasar

Mahasiswa aktif di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia
Konten dari Pengguna
6 Agustus 2022 14:47
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Rossa Deninta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tampilan depan Kedai Terang Bintang. Foto : Rossa Deninta
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan depan Kedai Terang Bintang. Foto : Rossa Deninta
ADVERTISEMENT

Kedai di Tengah Pasar

Mau merasakan wisata kuliner murah namun tetap mendapatkan suasana yang aesthetic dan menarik? Nah, Kedai Terang Bintang dapat menjadi salah satu jalan alternatif yang dapat dicoba bagi para wisatawan maupun warga lokal di Kota Yogyakarta. Kedai Terang Bintang merupakan sebuah tempat makan yang menyediakan menu sajian utama berupa sebuah kopi klasik. Namun, bukan sebatas kopi klasik biasa saja yang disajikan di dalamnya. Kedai ini memiliki keunikan yang tak banyak ditampilkan oleh kedai lain pada umumnya, yakni dengan mengusung konsep minimalis menggunakan sedikit dekorasi khas ala masyarakat Tionghoa yang berlokasi di dalam sebuah ruko pasar, tepatnya di pasar Kranggan, Jl. Pangeran Diponegoro, No. 22, Kota Yogyakarta.
Tampilan ruangan di dalam kedai. Foto : Rossa Deninta
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan ruangan di dalam kedai. Foto : Rossa Deninta
Penggunaan pasar sebagai tempat dimana kedai ini beroperasi tentu menjadi hal baru yang dapat menarik perhatian dan rasa penasaran masyarakat. Kamu dapat dipastikan akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan ketika makan di kedai ini, salah satunya karena dapat merasakan kehidupan asli masyarakat Yogyakarta melalui hiruk pikuknya para pedagang sekaligus pembeli yang beraktivitas disana.
ADVERTISEMENT

Spot Favorit Untuk Memanjakan Mata

Walaupun baru sekitar tiga bulan berdiri, kedai ini selalu ramai dikunjungi oleh para mahasiswa serta para muda mudi yang sengaja ingin mencari tempat-tempat aesthetic, terkhususnya para kaum hawa yang senang sekali untuk mencari tempat-tempat menarik yang dapat menunjang tampilan feeds Instagramnya. Tak hanya itu, kalangan para lansia juga tak luput ikut meramaikan antusiasme yang ada demi dapat merasakan serta menikmati istimewanya Kota Yogyakarta lewat kedai ini. Para pengunjung biasanya sering meramaikan kedai di jam-jam makan pagi serta malam hari. Tak hanya dari warga lokal saja, Kedai Terang Bintang sendiri kini perlahan-lahan mulai digandrungi oleh para pelancong yang berasal dari berbagai macam kota di Indonesia.
Ramainya suasana di Kedai Terang Bintang. Foto : Rossa Deninta
zoom-in-whitePerbesar
Ramainya suasana di Kedai Terang Bintang. Foto : Rossa Deninta

Beragam Menu Makanan dan Minuman

Melalui sajian menu yang ditawarkan, kedai ini memiliki pilihan minuman yang cukup beragam, mulai dari yang paling khas dan sangat direkomendasikan adalah Kopi Butter. Jika dideskripsikan, Kopi Butter sebenarnya dibuat layaknya kopi susu biasa yang diracik secara homemade, namun terasa lebih spesial dan baru karena disajikan dengan sebuah kepingan butter di atas permukaan kopi yang tentunya masih dalam keadaan panas sehingga menimbulkan perpaduan rasa gurih, manis, dan pahit yang sangat memikat lidah. Namun, tak perlu khawatir bagi kamu yang ingin mencari sajian minuman selain, kedai ini juga turut menyajikan beberapa pilihan minuman non kopi berupa Coklat Butter dan Es Coklat Bintang
Menu Roti Sri Rich dan Cokelat Butter. Foto : Rossa Deninta
zoom-in-whitePerbesar
Menu Roti Sri Rich dan Cokelat Butter. Foto : Rossa Deninta
Selain minuman, Kedai Terang Bintang tak lupa memberikan menu makanan khas mereka sendiri yang juga terbilang unik, diantaranya adalah Roti Sri Rich, dan Rice Bowl Ayam. Mereka juga memiliki menu andalan istimewa yang paling sering dipesan, yakni Udon Xilau. Hidangan udon tersebut secara unik dipadupadankan dengan sedikit unsur lokal menggunakan racikan ayam cincang serta tambahan sambal matah. Sayangnya, menu Udon Xilau ini belum tersedia ketika saya datang sekitar jam sepuluh pagi, maka saya sarankan bagi kamu agar mengunjungi kedai ini lebih siang jika ingin mencobanya.
ADVERTISEMENT

Harga Makanan dan Minuman yang Murah

Selain dari menu-menu yang disajikan memiliki rasa yang sangat nikmat, kelebihan lain yang dimiliki kedai ini adalah dari segi harga yang dipatok sangatlah murah. Untuk minuman yang ditawarkan, mereka memiliki kisaran harga mulai dari Rp5.000,00 hingga yang paling mahal adalah Rp18.000,00. Sedikit berbeda dari minuman, untuk makanan sendiri mereka mematok harga terendah dari Rp12.000,00 hingga yang termahal adalah Rp25.000,00. Hal tersebut menjadi kelebihan yang sangat menguntungkan bagi saya selaku pengunjung kala itu yang baru pertama kali mencoba, sebab sensasi unik yang ditawarkan tidak akan sebanding dengan uang yang akan dikeluarkan.
Salah satu pengunjung dari kalangan mahasiswa juga turut memberikan komentarnya yang mengaku merasa puas dengan suasana serta harga yang ditawarkan di dalam Kedai Terang Bintang, “Kedainya keren, makan sama minumannya engga biasa banget, tempatnya juga minimalis tapi bisa kerasa berkelas, para pelayannya juga asik banget jadi bisa nyaman kesini walaupun cuma sendiri, dan yang paling penting harganya ga bikin sakit hati hehehe” Ucap Julian Arnoldi.
ADVERTISEMENT

Lokasi yang Mudah untuk Dikunjungi

Akses yang dilalui untuk datang ke Kedai Terang Bintang juga sangatlah mudah. Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan berbagai pilihan jalan alternatif yang dapat dilalui. Kamu bahkan dapat menggunakan jenis kendaraan apapun untuk mendapatkan akses ke lokasi kedai, termasuk kendaraan umum seperti Transjogja. Kedai ini bahkan hanya berjarak sekitar 150 meter dari tempat wisata tugu Jogja yang berlokasi di tengah kota.
Saya sendiri telah mengunjungi kedai ini beberapa waktu yang lalu. Kebetulan di hari itu saya menggunakan jalur Pasar Kranggan yang merupakan jalan belakang dari arah Jl. AM Sangaji. Namun, sayangnya jalan ini ternyata lebih ramai dibandingkan melalui Jl. Sudirman, sebab banyak sekali becak-becak yang terparkir dan para pedagang yang mulai memenuhi pinggiran jalan. Alhasil, situasi jalanan di sana menjadi macet dan mengulur lebih banyak waktu untuk sampai ke tempat tujuan. Jadi, bagi kamu yang ingin datang ke Kedai Terang Bintang, ada baiknya untuk tidak melalui jalur ini jika ingin cepat sampai.
ADVERTISEMENT
Nah, tadi adalah sedikit gambaran dari suguhan istimewa yang diberikan oleh Kedai Terang Bintang, mulai dari segi tempat hingga pilihan menu yang ditawarkan. Tertarik berkunjung?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020