Menikmati Wisata di Pantai Sundak Timur Gunung Kidul, Surganya Pantai Dunia

Dosen spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Konten dari Pengguna
9 Februari 2022 13:14
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Prima Trisna Aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Wisata Pantai Sundak Timur Gunung Kidul
Menikmati Wisata di Pantai Sundak Timur Gunung Kidul, Surganya Pantai Dunia (45126)
zoom-in-whitePerbesar
Dosen Spesialis Medikal Bedah "Prima Trisna Aji" ketika berfoto bersama keluarga di Pantai SUndak Timur Gunung Kidul Yogyakarta. photo by : @PrimaTrisnaAji on Instagram
Solo – Pantai Gunung Kidul Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki segudang panorama keindahan yang luar biasa. Bahkan banyak sekali turis dari luar negeri yang berusaha mencari info untuk mengunjungi Pantai Gunung Kidul tersebut. Bagaimana tidak? Pantai yang dijuluki sebagai Surga Pantainya dunia ini memiliki pilihan banyak pantai dengan air lautnya yang bening, pasir putih yang lembut dan keindahan alam selama perjalanan menuju kesana.
ADVERTISEMENT
Kali ini kita akan melakukan review liputan wisata di Pantai Gunung Kidul yang terkenal dengan surganya wisata pantai dunia. Kenapa disebut dengan surga pantai dunia? Dikarenakan disana banyak sekali wisata pantai dimana airnya laut sangat jernih, bening, pasir putih, binatang satwa yang masih alami dan tentunya belum tercemarnya pantai serta lingkungan dari polusi dan limbah. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan Pantai utara dimana kebanyakan pantai disana airnya bercampur dengan kotoran, pasirnya hitam, ombak yang datar dan beberapa sudah terpolusi dengan beberapa limbah.
Saat itu bertepatan hari minggu kita sekeluarga tanpa rencana yang matang, mendadak ingin refreshing wisata. Setelah banyak melakukan eliminasi wisata secara cepat, akhirnya terpilihnya Pantai Gunung Kidul sebagai destinasi wisata. Terpilihnya pantai di Gunung Kidul dikarenakan pantai disana terkenal banyak pilihan, ombak yang bagus, air yang bening dan dengan pemandangan yang indah. Selain itu tiket wisata masuk kesana yang terkenal murah serta jarak tempuh yang tidak terlalu jauh maka dari itu kita menjatuhkan wisata disana.
Menikmati Wisata di Pantai Sundak Timur Gunung Kidul, Surganya Pantai Dunia (45127)
zoom-in-whitePerbesar
Dosen Spesialis Medikal Bedah "Prima Trisna Aji" ketika berwisata bersama keluarga di Pantai Sundak Timur Gunung Kidul
Seperti biasa kita berangkat jam 9 pagi dari rumah Klaten berkendara dengan mobil satu keluarga yaitu saya sendiri, Istri saya, Zehan, ayah dan ibu saya. Perjalanan ke Pantai Gunung Kidul kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 2 jam melalui jalur Wonosari – Pedan – Cawas – Gunung Kidul – Pantai BKK. Diperjalanan kita mengisi bensin terlebih dahulu di Pom Bensin Cawas, kemudian kita membeli gorengan molen Klaten di daerah Cawas untuk bekal perjalanan serta menikmati alam. Kemudian setelah itu perjalanan dilanjutkan dan berhenti di Pasar Gunung Kidul dikarenakan kita akan membeli Es Cream Campina untuk Zehan. Di Pasar Gunung Kidul juga banyak sekali tersedia variasi menu bahan pokok serta oleh – oleh. Disana kita juga membeli makanan khas yang selalu kita beli kalau bepergian yaitu Membeli Pentol Pasar Gunung Kidul. Rasa kuliner Pentol daging di Pasar Gunung Kidul ciri khasnya rasanya lembut, enak dan gurih khas rasa ayam segar dicampur dengan bumbu Saos pedas menambah rasa ketagihan orang yang merasakan Pentol tersebut.
ADVERTISEMENT
Setelah itu kita melanjutkan perjalanan menuju Pantai Gunung Kidul, sebenarnya kita mau mampir membeli makan siang terlebih dahulu sebelum sampai di Pantai. Tetapi ternyata Qodarulullah selama sepanjang jalan menuju ke Pantai Gunung Kidul belum menemui kuliner yang cocok. Akhirnya kita sampai juga di Objek wisata Gunung Kidul dengan tiket masuk per-orang sebesar Rp.10.000,-. Setelah itu kita menyisir beberapa Pantai Gunung kidul dan kemudian kita menjatuhkan pilihan di Pantai Sundak Timur Gunung Kidul. Alasan pemilihan Pantai Sundak Timur Gunung Kidul sebagai objek wisata kita dikarenakan Pantai disitu masih terkenal asri dengan spot alam foto yang bagus, belum terlalu ramai, tersembunyi dibandingkan pantai yang lain, Parkir yang cukup luas, tempat kamar mandi yang lengkap dan tentunya disana juga terdapat spot mandi diPantai yang bagus serta Ombak yang pas dan tidak terlalu besar serta tidak membahayakan.
ADVERTISEMENT
Sesampai di Pantai Sundak Timur Gunung Kidul kita langsung memesan Mie Goreng serta Es teh serta Kelapa Muda didepan warung Pantai Sundak Timur Gunung Kidul dikarenakan kita kelaparan. Disana sangat benar – benar sempurna dikarenakan bisa Makan Siang dengan menghadap ke bibir Pantai sambil menikmati ombak ditepi Pantai Sundak Timur Gunung Kidul. Setelah kita selesai makan siang kemudian kita melanjutkan untuk berenang di Pantai Sundak Timur Gunung Kidul. Suasana Pantai Sundak Timur Gunung Kidul tidak terlalu ramai serta sepi dan sangat mendukung untuk wisata tanpa gangguan.
Pantai Sundak Timur Gunung Kidul sendiri airnya snagat bening, Pasir putih lembut dengan ombak yang tidak terlalu besar dan pas untuk mandi. Disana juga ada terumbu karang dan aneka satwa laut yang masih asri dan belum rusak. Selain itu di Pantai Sundak Timur hamparan Pantainya dangkal dan rata dengan landasan karang sehingga meminimalisasi untuk tenggelam karena dangkal. Selain itu tempat tersebut aman baik untuk mandi ataupun memancing. Disana kita menyewa Gasebo tempat istirahat dimana kalian bisa menikmati sepuasnya Gasebo hanya dengan Rp.20.000,-.
ADVERTISEMENT
Disana anak saya Zehan sangat senang sekali karena Pasir putih yang cocok untuk anak serta ombak yang tidak begitu besar. Bagi teman – teman semua termasuk orang tua yang mempunyai anak apabila bingung untuk mencari wisata untuk anak bermain pasir putih maka kalian bisa memilih Pantai Sundak Timur sebagai objek wisata tujuan untuk anak – anak. Anak – anak disana bisa bermain pasir putih serta merasakan ombak pantai yang syahdu. Tentunya dalam pemilihan bulan wisata ke Pantai harus pintar memilih Bulan dikarenakan ada kalanya Pantai Gunung Kidul ada masanya pasang dan surut serta iklim musim yang buruk. Pada pertengahan tahun biasanya ombaknya akan besar. Apabila ingin memilih bulan Wisata ke Pantai alangkah baiknya kalian bisa memilih Akhir tahun ataupun awal tahun serta hindari musim Penghujan serta musim angin ribut.
ADVERTISEMENT
Setelah menikmati wisata Pantai Sundak Timur kita ganti baju karena sehabis berenang, disana juga tersedia banyak sekali Tempat mandi yang bersih dengan air tawar yang mengalir. Setelah selesai kita melanjutkan perjalanan menuju ke tempat makan SS atau Super Sambal di kota Gunung Kidul. Di Warung SS Gunung Kidul kalian bisa memilih menu yang lengkap serta harga disana terkenal murah meriah. Kita berlima makan disana harganya tidak habis Rp. 150.000,- padahal kita memesan cukup banyak makanan. Makanan disana tentunya dengan protokoler kesehatan yang ketat seperti diukur suhunya serta disinfeksi sehingga higienisnya terjaga.
Setelah selesai makan di SS Gunung Kidul kemudian kita mampir di Taman Pedan Klaten tepatnya dekat Pom bensin Pedan Cawas Klaten untuk membeli Balon Jerapa untuk Zehan.dengan harga Rp.15.000,-. Harga tersebut lumayan murah dikarenakan harga dikota besar sekitar Rp.20.000,-. Setelah itu kita melanjutkan perjalanan pulang ke rumah Klaten tepat pkl.19.00 wib pas adzan isya berkumandang.
ADVERTISEMENT
Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan Tips apabila ingin berwisata ke Pantai Gunung Kidul alangkah baiknya memilih waktu yang tepat supaya disana bisa berwisata dengan nyaman. Pemilihan waktu wisata ke Pantai Gunung Kidul disarankan pada akhir tahun atau diawal tahun dan dihindari wisata ke Pantai di musim Penghujan dan musim angin ribut dikarenakan beresiko ombak yang tinggi serta pasang. Kemudian juga harus mempelajari serta mewaspadai Rip Current di Pantai. *Red
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020