Kwarcab Surabaya Ajak Anak Muda Wisata Religi dan Outbound Wawasan Kebangsaan

Anisa
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.
Konten dari Pengguna
13 Desember 2022 11:51 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Anisa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto bersama peserta wisata religi dan outbound wawasan kebangsaan di depan kantor Kwarcab Surabaya. Jumat(9/12/2022). Foto:sasatiyasa/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Foto bersama peserta wisata religi dan outbound wawasan kebangsaan di depan kantor Kwarcab Surabaya. Jumat(9/12/2022). Foto:sasatiyasa/kumparan
ADVERTISEMENT
Surabaya - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Surabaya melakukan wisata religi dengan outbound bertema wawasan kebangsaan pada Jumat (9/12/2022) pagi.
ADVERTISEMENT
Ketua Harian Kwartir Cabang Surabaya menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh kalangan millenial seperti Karang Taruna, Remaja Masjid, Pramuka, dan Bonek.
"Seperti semboyan negara kita, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Dari kalangan yang berbeda namun berdoa dengan satu doa yang sama. Kami berdoa untuk keselamatan kota Surabaya yang kita cintai," ujar Siti Mariyam ditemui usai melepas peserta wisata religi dan outbound.
Anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya ini menuturkan, bahwa doa bersama dilakukan karena melihat keselamatan bangsa yang akhir-akhir ini diterpa musibah bencana alam.
Tidak hanya doa bersama, Siti Mariyam mengatakan, setelah wisata religi akan dilanjutkan dengan outbound wawasan kebangsaan.
Menurutnya, belum semua kaum millenial memahami wawasan kebangsaan tetapi ini bisa menjadi pengenalan.
ADVERTISEMENT
Selain terdapat wawasan kebangsaan, sebagai agenda hiburan diisi dengan permainan yang melatih untuk kerjasama, tolong-menolong dan yang lain-lain.
"Silahkan kalau anak-anak muda ini ingin nyanyi, kita wadahi, bahwa Pramuka itu disini senang disana senang dan di Kwarcab Surabaya ada rumah aspirasi untuk mewadahi itu tadi. Membentengi dan mengawal cita-cita mereka," ujarnya.
Apapun yang diekspresikan anak-anak muda ini dapat dituangkan di rumah aspirasi, Siti Mariyam mempersilahkan untuk datang ke Kwarcab dan tidak ada batasan.
Siti Mariyam mengaku bangga kepada Bonek, bahwa Bonek tidak seperti dulu. Bonek sekarang bisa berbuat baik untuk Kota Surabaya.
"Contohnya tadi mereka (Bonek) mengenaan sarung saat berziarah, sama seperti remaja masjid lainnya dan mereka (Bonek) mengikuti sholat Jumat berjamaah," katanya.
ADVERTISEMENT
"Ini loh Bonek, salam satu nyali wani, wani nyowo dikekno untuk Surabaya tercinta," imbuhnya.
Sama halnya yang disampaikan oleh pak Wawan sebagai perwakilan Disporapar kota Surabaya.
"Kerjasama bonek luar biasa dalam kegiatan ini," katanya.
Sementara itu salah satu peserta dari Kartar, Rifqi mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini.
Menurut Rifqi, kegiatan ini bagus untuk anak muda supaya hari-hari diiisi dengan kegiatan positif.
"Seneng banget karena ini pengalaman pertama saya mengikuti kegiatan sejenis ini, bisa kenal temen yang lain juga," ucapnya sembari tersenyum.