3 Peradaban Tertua di Dunia dan Bukti Peninggalannya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 23:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Peradaban Tertua di Dunia dan Buktinya. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Constantinos Kollias
zoom-in-whitePerbesar
Peradaban Tertua di Dunia dan Buktinya. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Constantinos Kollias
ADVERTISEMENT
Belajar sejarah merupakan salah satu hal yang menyenangkan karena dengan belajar sejarah bisa mengetahui berbagai hal yang menjadi cikal bakal peradaban manusia. Misalnya adalah mempelajari peradaban tertua di dunia.
ADVERTISEMENT
Dalam catatan sejarah, ada beberapa peradaban yang tergolong sebagai peradaban tertua. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai peninggalannya. Untuk lebih jelasnya, simak dalam pembahasan berikut ini.

3 Peradaban Tertua di Dunia dan Buktinya

Peradaban Tertua di Dunia dan Buktinya. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ayesha Parikh v
Dikutip dari buku Sejarah Peradaban Dunia Kuno Empat Benua karya Anisa Septianingrum (2017), peradaban tertua merupakan peradaban yang muncul pertama kali dalam sejarah manusia.
Peradaban ini memiliki ciri-ciri, seperti adanya organisasi sosial, politik, ekonomi, budaya, dan agama yang kompleks. Peradaban tertua di dunia juga meninggalkan berbagai peninggalan yang menunjukkan kemajuan dan kebudayaan mereka.
Berikut ini adalah 3 peradaban tertua di dunia dan bukti peninggalannya untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

1. Peradaban Lembah Sungai Kuning

Peradaban lembah Sungai Kuning adalah peradaban bangsa Cina kuno yang berada di lembah Sungai Kuning (Huang He). Sungai ini disebut Sungai Kuning karena membawa lumpur kuning di sepanjang alirannya.
ADVERTISEMENT
Peradaban ini dimulai sekitar tahun 2000 SM oleh Kaisar Kuning (Huang Di), yang dianggap sebagai leluhur bangsa Cina. Peradaban lembah Sungai Kuning mengalami beberapa dinasti, seperti Dinasti Xia, Shang, Zhou, Qin, dan Han.
Beberapa peninggalan dari peradaban ini, salah satunya adalah Tembok Besar Cina yang dibangun untuk melindungi perbatasan dari serangan bangsa-bangsa nomaden.

2. Peradaban Mesopotamia

Peradaban Mesopotamia adalah peradaban yang terletak di antara dua sungai, yaitu Tigris dan Eufrat. Kata Mesopotamia berasal dari bahasa Yunani yang berarti "tanah di antara sungai".
Peradaban Mesopotamia dimulai sekitar tahun 3000 SM oleh bangsa Sumeria, yang datang dari pegunungan timur laut Mesopotamia. Peradaban ini kemudian diikuti oleh bangsa-bangsa lain, seperti Akkadia, Babilonia, Asiria, dan Babilonia Baru.
ADVERTISEMENT
Beberapa peninggalan dari peradaban Mesopotamia adalah tulisan paku, sistem penanggalan dan matematika, serta ziggurat atau bangunan berundak untuk tempat ibadah.

3. Peradaban Lembah Sungai Nil

Peradaban lembah Sungai Nil adalah peradaban bangsa Mesir kuno yang berada di lembah Sungai Nil. Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia, yang mengalir dari selatan ke utara, bermuara ke Laut Tengah.
Peradaban ini dimulai sekitar tahun 3000 SM oleh Raja Menes, yang menyatukan Mesir Hulu dan Mesir Hilir. Peradaban ini mengalami beberapa periode, seperti Kerajaan Lama, Kerajaan Tengah, Kerajaan Baru, dan Kerajaan Akhir.
Beberapa peninggalan dari peradaban lembah Sungai Nil adalah piramida yang merupakan makam bagi para firaun dan keluarganya. Piramida dibangun dengan menggunakan batu-batu besar yang dipotong dan disusun dengan presisi tinggi.
ADVERTISEMENT
Ada juga hieroglif yang merupakan sistem tulisan yang menggunakan gambar-gambar sebagai simbol. Hieroglif digunakan untuk menulis di dinding-dinding piramida, kuil-kuil, makam-makam, dan papirus.
Itulah penjelasan mengenai peradaban tertua di dunia yang bisa dipelajari untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Peradaban tersebut menjadi cikal bakal masyarakat modern. (WWN)