5 Nama Tokoh Nasionalisme di Dunia yang Perlu Diketahui

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 20:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tokoh nasionalisme di dunia. Sumber: John-Mark Smith/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tokoh nasionalisme di dunia. Sumber: John-Mark Smith/pexels.com
ADVERTISEMENT
Sebelum negara-negara di dunia merdeka, mayoritas negara harus memperjuangkan kemerdekaan dari penjajah. Maka dari itu, lahir banyak tokoh nasionalisme di dunia, seperti Jose Rizal dan Muhammad Ali Pasya.
ADVERTISEMENT
Moordiati dalam Dari Pengobatan ke Pergerakan: Nasionalisme dan Kebangkitan Dokter-Dokter Indonesia dalam Merawat Bangsa menyebutkan bahwa Jose Rizal adalah salah satu tokoh perjuangan kemerdekaan asal Filipina.
Untuk mengetahui beberapa nama tokoh nasionalisme di dunia, simak selengkapnya di artikel ini.

Tokoh Nasionalisme di Dunia

Ilustrasi tokoh nasionalisme di dunia. Sumber: Pixabay/pexels.com
Sebagaimana penjelasan sebelumnya, sebelum merdeka, mayoritas negara di dunia harus berjuang terlebih dulu untuk melawan penjajah. Hal itu mendorong banyak tokoh di dunia untuk membangkitkan jiwa nasionalisme bangsa. Adapun beberapa tokoh nasionalisme di dunia adalah.

1. Muhammad Ali Pasya

Salah satu tokoh nasionalisme di dunia adalah Muhammad Ali Pasya. Beliau adalah ketutunan Turki yang lahir pada Januasi 1765. Muhammad Ali Pasya dikenal sebagai tokoh pembaharu Islam di abad 19-20.
Selain itu, beliau juga termasuk orang pertama yang meletakkan landasan kebangkitan modern di Mesir. Hal itu mendorongnya untuk melakukan beragam upaya, seperti menjadi perwira dan wakil resmi sultan di Kerajaan Turki Utsmani.
ADVERTISEMENT

2. Jose Rizal

Tokoh nasionalisme di dunia berikutnya adalah Jose Rizal. Beliau dikenal sebagai penulis sekaligus dokter asal Filipina yang aktif melakukan perjuangan di masa penjajahan Spanyol.
Beliau mendorong adanya reformasi damai terhadap pemerintah kolonia. Akan tetapi, beliau justru dieksekusi oleh pemerintah kolonial Spanyol atas tuduhan pemberontakan dari tulisannya. Hal itu terjadi pada 1896. Meskipun demikian, rakyat Filipina mengenangnya sebagai pahlawan besar dan ikon gerakan nasionalis.

3. Sun Yat Sen

Tokoh nasionalisme di dunia selanjutnya adalah Sun Yat Sen. Beliau adalah tokoh utama dari Revolusi China 1911 atau dikenal juga dengan Revolusi Xinhai.
Sebelum masa revolusi tersebut, Sun Yat Sen adalah orang yang diburu oleh Dinasti Qing sampai harus melarikan diri ke berbagai negara. Bekat revolusi yang diperjuangkan oleh Sun Yat Sen, dirinya dipilih menjadi presiden sementara Republik China sekaligus dikenal sebagai Bapak Bangsa China Modern.
ADVERTISEMENT

4. Nelson Mandela

Tokoh nasionalisme di dunia lainnya adalah Nelson Mandela asal Afrika Selatan. Beliau berkontribusi dalam gerakan anti-apartheid. Selain itu, beliau juga bergabung dalam Kongres Nasional Afrika di tahun 1943.
Bergabungnya Nelson Mandela dalam kongres tersebut menjadi awal perjuangan dalam melawan sisten segregasi di negara. Selain itu, Mandela juga terlibat dalam berbagai protes damai, misalnya Kongres Rakyat dan Kampanye Defiance.

5. Fidel Castro

Tokoh nasionalisme di dunia yang terakhir adalah Fidel Castro. Beliau termasuk sebagai pelopor Revolusi Kuba sekaligus kepala pemerintahan Kuba sampai tahun 2008.
Castro melakukan perang gerilya mulai tahun 1958 guna menggulingkan penguasa Fulgencio Batista. Hal itu mendorongnya pula untuk mendirikan Organisasi Solidaritas dengan Asia, Afrika, sekaligus Amerika Latin.
Demikian beberapa nama tokoh nasionalisme di dunia. [ENF]
ADVERTISEMENT