Bentang Alam Wilayah Siberia di Bagian Utara Benua Asia

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
29 November 2023 17:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi wilayah siberia di bagian utara benua asia memiliki bentang alam berupa. Sumber: Александр Велигура/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wilayah siberia di bagian utara benua asia memiliki bentang alam berupa. Sumber: Александр Велигура/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Siberia adalah wilayah luas yang terletak di Rusia serta Kazakhstan Utara. Wilayah ini termasuk daerah dataran tinggi dengan suhu udara rendah. Adapun wilayah Siberia di bagian utara Benua Asia memiliki bentang alam berupa dataran tinggi.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga diungkapkan oleh Raimadoya dan Trisasongko dalam Pengolahan DSM dengan Interferometri SAR (InSAR) Antariksa untuk Mekanisme Pembangunan Bersih (MPB) Protokol Kyoto, bahwa wilayah Siberia memiliki bentang alam berupa dataran tinggi.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bentang alam di Siberia bagian utara Benua Asia, baca artikel ini sampai habis.

Bentang Alam Wilayah Siberia

Ilustrasi wilayah siberia di bagian utara benua asia memiliki bentang alam berupa. Sumber: Mikhail Nilov/pexels.com
Siberia adalah wilayah yang mencakup hampir keseluruhan bagian utara Benua Asia dan terletak di Rusia. Wilayah Siberia di bagian utara Benua Asia memiliki bentang alam berupa dataran tinggi, sehingga iklimnya cenderung dingin.
Adapun pembagian bentang alam wilayah Siberia bagian utara Benua Asia ini adalah:

1. Pegunungan Ural

Pegunungan Ural adalah salah satu batas dari Benua Eropa dan Asia. Pegunungan ini memiliki puncak tertinggi berupa Gunung Narodnaya. Adapun sekitar 1.150-1.500 kaki dataran tingginya berada di sepanjang tepi timur dataran Rusia.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, bagian punggung utara-selatan Pegunungan Ural membentang sekitar 2.100 kilometer dari Pantai Arktik sampai perbatasan dengan Kazakhstan, lalu memanjang lagi sekitar 1.000 km ke arah Samudra Arktik.

2. Dataran Siberia Barat

Dataran Siberia Barat adalah wilayah terluas di Rusia dan mempunyai bentang alam cukup mencolok. Wilayah ini memiliki dataran yang cukup luas dan besar, khususnya di area rawa. Di samping itu, Siberia Barat juga memiliki daerah yang sedikit lebih tinggi dan kering, di sini banyak penduduk yang tinggal.

3. Dataran Tinggi Siberia Tengah

Dataran tinggi Siberia Tengah menempari area Sungai Yenisey serta Lena dan terdiri atas dataran tinggi yang terbelah tajam. Adapun areanya mulai dari ketinggian 1.000-2.300 kaki, lalu menuju Pegunungan Putoran di bagian utara, dan Pegunungan Sayan dan Baikal di selatan.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, turun ke arah utara, terdapat dataran rendah Siberia Utara yang memanjang sampai Siberia Barat dan Timur. Ada pula Pegunungan Byrranga di sebelah timur yang memanjang sampai Samudra Arktik.

4. Pegunungan di Selatan dan Timur

Wilayah yang terakhir adalah area pegunungan di sebelah selatan dan timur. Area ini didominasi pegunungan tinggi dan kompleks. Di samping itu, wilayah tersebut juga mengelilingi area Rusia bagian selatan serta timur.
Demikian penjelasan mengenai bentang alam wilayah Siberia di bagian utara Benua Asia. [ENF]