Dampak Perpecahan Cekoslowakia beserta Latar Belakangnya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
13 Maret 2024 21:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Dampak Perpecahan Cekoslowakia. Sumber: Unsplash.com/Clarisse Meyer
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Dampak Perpecahan Cekoslowakia. Sumber: Unsplash.com/Clarisse Meyer
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perpecahan Cekoslowakia merupakan peristiwa sejarah pemerintahan yang terjadi pada tahun 1990-an. Dampak perpecahan Cekoslowakia, yaitu berkembangnya sistem demokrasi dan liberal di kalangan masyarakat Ceko serta masyarakat Slovakia.
ADVERTISEMENT
Layaknya peristiwa sejarah, perpecahan yang terjadi di wilayah Eropa Tengah tersebut juga mempunyai latar belakang. Salah satu hal yang melatarbelakangi perpecahan tersebut adalah perbedaan pendapat di antara parlemen Ceko dengan Slowakia.
Simak pembahasan mengenai berbagai dampak perpecahan Cekoslowakia beserta latar belakangnya dalam ulasan berikut ini.

Dampak Perpecahan Cekoslowakia

Ilustrasi Dampak Perpecahan Cekoslowakia. Sumber: Unsplash.com/Jeff Smith
Setiap negara di dunia mempunyai permasalahan tersendiri, salah satunya adalah Cekoslowakia. Cekoslowakia semula merupakan nama dari sebuah negara yang bernama Bohemia.
Mengutip dari buku Modul Pembelajaran SMA: Sejarah Kelas XII, Rahman (2020: 51), nama Cekoslowakia diambil dari dua etnis setempat, yaitu:
Wilayah yang semula satu itu mengalami perpecahan pada tahun 1990-an, tepatnya tanggal 1 Januari 1993. Dampak perpecahan Cekoslowakia yang terjadi pada masa tersebut, antara lain:
ADVERTISEMENT

Latar Belakang Terjadinya Perpecahan Cekoslowakia

Ilustrasi Dampak Perpecahan Cekoslowakia. Sumber: Unsplash.com/Anastasiia Krutota
Perpecahan Cekoslowakia tentu tidak terjadi secara serta-merta, melainkan mempunyai latar belakang yang panjang. Perpecahan tersebut bermula dari kemunduran sistem ekonomi Cekoslowakia karena sistemnya yang terpusat.
Kemudian, kondisi menjadi semakin keruh setelah invasi yang dilakukan oleh Uni Soviet. Pada masa itu, Uni Soviet melakukan pengawasan terhadap pergerakan Cekoslowakia.
Saat Gustáv Husák, sistem administrasi Cekoslowakia terbagi menjadi dua negara bagian. Negara tersebut adalah Republik Sosialis Ceko dan Republik Sosialis Slovakia.
Mengutip dari buku yang sama, Rahman (2020: 52), pada 1989, terjadi demonstrasi yang disusul tekanan dari rakyat untuk melakukan reformasi politik. Pemerintah Cekoslowakia menyadari bahwa melawan demonstran hanya memantik masalah yang lebih besar.
ADVERTISEMENT
Peristiwa besar tersebut kemudian dikenal dengan Revolusi Beludru yang menjadi tanda tumbangnya pemerintahan komunis di Cekoslowakia. Sekitar tahun 1990, Cekoslowakia akhirnya melaksanakan pemilu multipartai pertamanya.
Setelah pemilu tersebut, ternyata Ceko dan Slowakia masih memiliki perdebatan. Kondisi itu akhirnya membuat Ceko dan Slowakia memutuskan menjadi negara yang merdeka pada 1 Januari 1993.
Jadi, dampak perpecahan Cekoslowakia secara umum adalah membuat dua negara menjadi merdeka serta mendapat kebebasan. Negara yang tersebut, yakni Ceko dan Slovakia. (AA)