Feodalisme: Pengertian dan Ciri Khasnya yang Penting Dipahami

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
7 Desember 2023 23:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Feodalisme. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Feodalisme. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
Feodalisme adalah sistem sosial yang memberi kekuasaan besar pada golongan bangsawan. Sistem ini sudah ada sejak 900 Masehi yang lalu.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Islam Kelana, Islam Tanpa Identitas oleh Indramayu, feodalisme merupakan pendelegasian kewenangan raja monarki kepada kaum bangsawan untuk mengendalikan wilayah-wilayah kekuasaan.
Lantas, bagaimana pengertian lengkap dari feodalisme beserta ciri khasnya dalam pelaksanaannya?

Pengertian Feodalisme

Ilustrasi Feodalisme. Sumber: Unsplash
Feodalisme adalah sistem politik atau sosial yang memberi kekuasaan besar pada golongan bangsawan atau mengagungkan jabatan daripada prestasi. budaya satu ini mengakar dalam masyarakat Indonesia sebab menjadi warisan dari kerajaan yang menggunakan sistem patron-klien.
Feodalisme berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu feudalism. Kata feudal berasal dari bahasa Latin yaitu feudum yang berarti sebidang tanah yang diberikan untuk sementara untuk seorang vasal.
Vasal merupakan penguasa bawahan atau pemimpin militer sebagai imbalan dari pelayanan yang diberikan pada pemilik tanah. Inti feodalisme yaitu tanah menjadi sumber kekuasaan orang yang berkuasa, yaitu pemilik tanah.
ADVERTISEMENT

Ciri Khas Feodalisme

Ciri khas dari feodalisme yaitu ketaatan mutlak dari bawahan pada atasannya. Adanya feodalisme menghasilkan sistem piramida masyarakat feodal. Di dalam susunan piramida tersebut, raja menduduki posisi paling atas.
Di bawah raja, terdapat bangsawan-bangsawan tinggi kerajaan dari kaum aristokrat. Selain itu, di bawah raja terdapat bupati yang berkuasa pada suatu darah dan di bawahnya terdapat kepala-kepala rakyat. Bagian bawah susunan piramida baru terdapat rakyat.
Masyarakat feodal merupakan masyarakat yang mempunyai orientasi pada nilai pelayanan berlebihan pada penguasa, pejabat, birokrat, maupun orang yang dituakan. Semakin dekat hubungan darah bangsawan dengan raja yang memerintah, maka semakin tinggi juga status sosialnya pada masyarakat feodal.
Masyarakat feodal sudah berjalan sejak 900 M serta meliputi sebagian besar Eropa. Mulanya, masyarakat feodal berkembang di Prancis sampai ke barat Itali. Adapun ciri utama dari masyarakat feodal adalah penguasaan tanah oleh bangsawan.
ADVERTISEMENT
Itu dia sekilas pembahasan mengenai feodalisme dan ciri khasnya.(LAU)