Sejarah dan Tujuan Festival Holi bagi Umat Hindu di India

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
28 Mei 2024 19:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tujuan Festival Holi. Sumber: Yogendra Singh/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tujuan Festival Holi. Sumber: Yogendra Singh/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Festival Holi atau Festival Warna adalah salah satu perayaan umat Hindu di India. Tujuan Festival Holi adalah untuk memperingati kemenangan kebaikan terhadap kejahatan.
ADVERTISEMENT
Salsabila dan Magdalena dalam penelitiannya berjudul Alacer Koleksi Rancangan Busana Terinspirasi dari Festival Holi pada Awal Musim Semi di India menyebutkan bahwa Festival Holi adalah festival kuno di India yang memiliki ciri-ciri penuh dengan warna.
Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai tujuan Festival Holi, simak penjelasannya dalam bacaan berikut.

Sejarah Festival Holi

Ilustrasi tujuan Festival Holi. Sumber: Aneesh Ans/pexels.com
Sebelum mencari tahu tentang tujuan Festival Holi, sebaiknya pahami dulu sejarahnya. Jadi, Festival Holi adalah suatu festival penting yang diadakan oleh umat Hindu di India.
Festival Holi ini memiliki ciri-ciri berupa menyiram menggunakan warna-warna cerah. Hal ini untuk melambangkan kebahagiaan, kegembiraan, serta cinta masyarakat.
Adapun sejarah Festival Holi diperkirakan telah muncul sejak masa Sebelum Masehi. Awalnya, Festival Holi memiliki nama Holika. Bukan hanya itu, Festival Holi juga banyak disebutkan dalam teks-teks kuno maupun keagamaan, misalnya Sutra Purvamimamsa Jaimini serta Sutra Kathaka Grhya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Festival Holi juga dijelaskan dalam prasasti batu yang diperkirakan berasal dari tahun 300 Sebelum Masehi. Festival Holi ditemukan di kawasan Ramgarh, Vindhya, India.
Ada banyak lukisan serta mural yang banyak ditemukan di kuil India pada abad pertengahan. Festival Holi diadakan pasca Diwali berdasarkan kalender Lunar, tepatnya bulan Falgun atau musim semi. Oleh sebab itu, masyarakat India juga menyebut festival ini sebagai festival musim semi.

Tujuan Festival Holi

Ada beberapa tujuan pelaksanaan Festival Holi bagi umat Hindu di India. Adapun beberapa tujuan Festival Holi, antara lain.
ADVERTISEMENT
Demikian informasi lebih lanjut mengenai sejarah dan tujuan Festival Holi di India. [ENF]