3 Makam Keramat di Bandung yang Sering Menjadi Objek Wisata Religi

Seputar Bandung
Menyediakan informasi serba serbi Bandung, mulai dari travel, kuliner, sejarah, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
16 Juni 2024 13:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bandung tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Makam Keramat di Bandung. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Caroline
zoom-in-whitePerbesar
Makam Keramat di Bandung. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Caroline
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada banyak makam keramat di Bandung yang sering menjadi wisata religi masyarakat. Di Pulau Jawa sendiri, ada banyak sekali tokoh berjasa dan berperan dalam penyebaran agama Islam ataupun kemerdekaan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Adapun Kota Bandung menjadi salah satunya. Jasa besar tokoh tersebut dikenang hingga sekarang, meski sosoknya tidak ada lagi. Bagi umat Islam, ziarah makam tokoh Islam menjadi pilihan liburan sejenak, sekaligus mengenang jasa-jasa tokoh tersebut yang berjuang.

Daftar Makam Keramat di Bandung

Makam Keramat di Bandung. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Matt
Keramat dalam anggapan suatu masyarakat adalah tempat yang dikeramatkan karena tempat bersemayamnya arwah leluhur yang memiliki kekuatan gaib. Pada suatu waktu di tempat keramat dijadikan pusat kegiatan religius.
Dikutip dari situs resmi www.bandung.go.id, ziarah kubur makam para leluhur Bandung diisi dengan tabur bunga dan pengiriman doa bagi arwah leluhur Bandung serta pemberian sembako kepada penjaga makam.
Berikut beberapa makam keramat di Bandung yang dapat dijadikan wisata religi masyarakat.

1. Makam Eyang Dalem Ibrahim Cipatik

Tidak banyak yang mengetahui makam seorang ulama kenamaan ini. Padahal tokoh agama keturunan Prabu Siliwangi ini berperan penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tokoh ini berhasil menghalau pasukan Belanda saat ingin memasuki kawasan Cipatik. Lokasi makam ini berada di Kompleks Pemakaman Pataruman, Desa Cipatik, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

2. Makam Pangeran Raja Atas Angin

Syekh Maulana Muhammad Syafei atau Pangeran Raja Atas Angin ini dikenal menyebarkan Islam ke berbagai wilayah Jawa Barat. Di akhir hayatnya, keturunan dari Sunan Gunung Jati ini dimakamkan di Bandung Barat.
Istri dan kedua anak perempuannya pun dimakamkan di tempat ini. Lokasi makam ini berada di Desa Cijenuk, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

3. Taman Makam Pahlawan Nasional

Taman Makam Pahlawan ini luasnya mencapai 8,9 hektar. Taman makam pahlawan ini terdiri dari 6.000 buah makam pahlawan dan 3.000 buah makam umum.
Beberapa pahlawan yang dimakamkan di sini, antara lain Abdoel Moeis, Laksa Udara Noor Tanio, dan sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Cikutra, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Demikianlah beberapa makam keramat di Bandung yang sering menjadi wisata religi masyarakat. (Msr)