5 Gerbang Tol di Bandung: Pintu Masuk dan Akses Utama Kota Kembang

Seputar Bandung
Menyediakan informasi serba serbi Bandung, mulai dari travel, kuliner, sejarah, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 12:42 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bandung tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gerbang Tol di Bandung. Foto hanya ilustrasi. Bukan tempat yang sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Jamie
zoom-in-whitePerbesar
Gerbang Tol di Bandung. Foto hanya ilustrasi. Bukan tempat yang sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Jamie
ADVERTISEMENT
Gerbang tol di Bandung masih menjadi solusi alternatif favorit rute yang dipilih saat bepergian untuk mempercepat waktu tiba di tujuan. Tol ini menghubungkan ke berbagai daerah termasuk destinasi wisata melalui gerbang tol yang tersebar di sejumlah titik.
ADVERTISEMENT
Gerbang tol di kawasan Bandung saat ini semuanya sudah memberlakukan pembayaran nontunai. Oleh karena itu, para pengendara harus mempersiapkan kartu tol sebelum melintasi rute ini.

Rekomendasi Gerbang Tol di Bandung

Gerbang Tol di Bandung. Foto hanya ilustrasi. Bukan tempat yang sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Red John
Dikutip dari buku Lingkar Barat, Galang (2021), salah satu manfaat dari jalan tol adalah jalan bebas hambatan, jalannya lurus, dan yang pasti jalannya luas. Jalan tol sering menjadi solusi manakala menghadapi kemacetan atau mempercepat menuju tujuan.
Begitu juga dengan Bandung yang saat memililiki beberapa gerbang tol yang menghubungkan ke berbagai tempat wisata maupun pusat bisnis dan fashion.Berikut adalah beberapa gerbang tol di Bandung yang menjadi kunci aksesibiltas utama.

1. Gerbang Tol Padalarang

Gerbang Tol Padalarang berada di Padalarang yang menghubungkan dengan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).
ADVERTISEMENT
Keluar dari Gerbang Tol Padalarang bisa menuju daerah-daerah di Kabupaten Bandung Barat. Misalnya objek wisata Situ Ciburuy, Waduk Saguling, Purwakarta, Cianjur, Bogor, Sukabumi dan seterusnya.

2. Gerbang Tol Baros

Gerbang tol ini berada di Kota Cimahi, kota tetangga Bandung, tepatnya di Jalan HMS Mintareja SH, Cimahi Tengah. Tol ini juga menghubungkan dengan Tol Cipularang.
Keluar dari gerbang tol ini bisa menuju Kota Cimahi, Leuwigajah, dan menuju Kota Bandung.

3. Gerbang Tol Pasteur

Gerbang Tol Pasteur berada di Jalan Dr. Djunjunan, Kota Bandung. Keluar dari gerbang tol ini bisa menuju Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Tidak jauh dari depan gerbang terdapat Fly Over Pasupati yang bisa mengantarkan ke pusat kota Bandung seperti Gedung Sate maupun Balaikota Bandung. Jalan layang tersebut juga bisa mengantar ke Dago, Jalan Riau, Terminal Cicaheum atau pusat-pusat belanja.
ADVERTISEMENT

4. Gerbang Tol Moch Toha

Gerbang tol ini keluar di Jalan Mohammad Toha. Keluar dari tol ini bisa menuju Bandung Kota seperti Tegalega maupun daerah Banjaran dan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

5. Gerbang Tol Cileunyi

Gerbang Tol Cileunyi berada di timur Bandung yang berada di Cileunyi, Kabupaten Bandung. Keluar dari tol ini bisa menuju Bandung kota via Cileunyi.
Tol ini juga menghubungkan dengan Jatinangor, Sumedang, dan Cirebon. Selain itu, keluar dari tol Cileunyi bisa menuju jalur Nagreg via Rancaekek. Jalur ini bisa menuju ke Garut, Tasikmalaya, Ciamis, hingga ke Jawa Tengah via jalur selatan.
Demikian penjelasan mengenai 5 Gerbang Tol di Bandung yang menjadi kunci aksesibiltas utama selama berada di Kota Kembang. (Gin)
ADVERTISEMENT