Konten dari Pengguna

Kopi Kapal Selam Bandung, Nikmatnya Kopi Legendaris

Seputar Bandung
Menyediakan informasi serba serbi Bandung, mulai dari travel, kuliner, sejarah, dan lainnya.
10 Juli 2024 14:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bandung tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kopi Kapal Selam Bandung, foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya, Pexels/ Igor Haritanovich
zoom-in-whitePerbesar
Kopi Kapal Selam Bandung, foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya, Pexels/ Igor Haritanovich
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kopi merupakan salah satu minuman yang gemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Di Bandung, ada kopi legendaris yang telah ada sejak tahun 1930-an yakni Kopi Kapal Selam Bandung.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku Panduan Berkebun Kopi, Pudji Rahardjo, 2021, kopi merupakan salah satu komoditas yang sangat dibutuhkan pasar, baik di Indonesia maupun Internasional. Di Indonesia sendiri, keberadaan kopi ini tidak lepas dari kekayaaan alamnya yang melimpah.

Mengenal Kopi Kapal Selam Bandung yang Legendaris

Kopi Kapal Selam Bandung, foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya, Pexels/Tom Swinnen
Kopi Kapal Selam Bandung menjadi salah satu merek kopi tertua di Bandung karena telah ada sejak tahun 1930. Penamaan kapal selam ini terinspirasi dari salah satu alat perang di masa Perang Dunia.
Oleh karena ini, merek kopi ini diharapkan mampu merambah jauh seperti kapal selam.
Tempat jualan kopi ini berlokasi di Jl. Pasar Baru Barat, NO. 42, Bandung, tepatnya di daerah pecinan. Kedai kopi legendaris ini menjadi salah satu ikon penting bagi para pecinta kopi di Bandung.
ADVERTISEMENT
Saat berada di tempat ini, pengunjung akan melihat produk kelontong berkualitas. Hal ini disebabkan oleh proses penjualan kopi yang digiling dan dikemas rapi menggunakan plastik tebal.
Plastik tebal tersebut telah ditandai dengan logo kedai dan tagline “Kopi Bubuk Asli Kapal Selam dengan Kualitas Terbaik yang Paling Harum dan Sedap Rasanya”. Awalnya, kopi ini dibungkus dengan kertas berlogo kapal selam. Adapun untuk tagline nya pun juga unik, yaitu” Bandoeng Kopi Boeboek 100%” serta “Khin Hin Kho”.
Harga yang ditawarkan produk ini pun cukup terjangkau karena sasaran marketnya adalah masyarakat menengah ke bawah. Meski begitu, kelezatan rasanya yang nikmat dan khas ini tidak akan ditemukan di produk lainnya.
Selain itu, merek kopi ini juga mempunyai berbagai variasi jenis kopi, mulai dari arabika hingga robusta. Bagi yang menyukai kopi arabika, pengunjung bisa memilih beberapa jenis kopi dengan nama, Cianjur, Garut, Lembang, Gayo dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk penyuka kopi robusta, pengunjung bisa membeli variasi kopi dengan nama Lampung dan Toraja.
Itulah informasi mengenai salah satu merek kopi legendaris di Bandung. Tempat ini masih menggunakan penggilingan kopi dengan mesin tua sehingga memberikan aroma yang khas dan menggugah selera. Bagi yang menyukai pengalaman unik kopi khas Badung, Kopi Kapal Selam Bandung bisa dijadikan oleh-oleh saat liburan. (AIN)