3 Tips Memandikan Anjing Chow Chow, Anjing yang Berasal dari China

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 23:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tips Memandikan Anjing Chow Chow. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Cristian Castillo
zoom-in-whitePerbesar
Tips Memandikan Anjing Chow Chow. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Cristian Castillo
ADVERTISEMENT
Anjing Chow chow merupakan salah satu jenis anjing yang cukup unik dan berasal dari China.
ADVERTISEMENT
Bagi pemula yang tertarik memeliharanya, mengetahui tips memandikan anjing Chow Chow agar tidak memberontak. Pasalnya, memandikan anjing merupakan salah satu pekerjaan rumah yang terkadang cukup rumit. meskipun terlihat sangat sederhana.
Untuk mengetahui tips memandikan anjing Chow Chow yang tepat, simak selengkapnya di sini.

3 Tips Memandikan Anjing Chow Chow

Tips Memandikan Anjing Chow Chow. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Cristian Castillo
Dikutip dari buku Melatih Anjing Penjaga karya Rachmatdi Hatmosrojo, (2003) Chow Chow adalah anjing yang terkenal dengan bulunya yang tebal dan halus. Berasal dari China, anjing ini memiliki wajah yang menggemaskan dan sifat yang setia.
Anjing Chow Chow memiliki kepribadian yang mandiri, cerdas, dan kesetiaan yang kuat kepada pemiliknya. Mereka dapat menjadi terikat pada satu orang dan menjauh bila mereka merasa – atau pemiliknya terancam.
ADVERTISEMENT
Agar anjing ini sehat dan bulunya bersih maka harus rutin dimandikan. Ada beberapa tips memandikan anjing Chow Chow yang wajib diketahui pemilik. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Persiapan

Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan, seperti sampo khusus anjing, sabun, conditioner, handuk, sikat, dan air hangat. Kemudian pilih tempat yang aman dan nyaman untuk memandikan anjing, seperti bak mandi atau shower.
Jangan lupa untuk memastikan bahwa air yang digunakan adalah air hangat dan tidak terlalu panas.

2. Proses Memandikan

Proses memandikan anjing Chow Chow bisa dimulai dengan membasahi seluruh bulu anjing dengan air hangat. Kemudian tuangkan sampo khusus anjing ke telapak tangan dan usapkan ke seluruh bulu anjing dengan merata.
Salah satu kunci agar anjing tidak memberikan perlawanan ketika dimandikan adalah berikan perlakuan yang lembut dan tenangkan anjing.
ADVERTISEMENT
Jika sudah diberikan sampo kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Jangan lupa untuk menggosok bulu anjing agar tidak ada kotoran yang menempel setelah dimandikan. Setelah bersih, baru gunakan conditioner ke seluruh bulu anjing.

3. Proses Pengeringan

Setelah selesai dibilas kemudian gunakan handuk untuk menyerap air sebanyak mungkin. Jika sudah maka jangan lupa gunakan hair dryer dengan pengaturan dingin untuk mengeringkan bulu anjing.
Keringkan bulu hingga benar-benar kering agar tidak ada jamur atau bakteri yang membuat penyakit pada kulit anjing. Terakhirsikat bulu anjing dengan lembut untuk menghilangkan kusut.
Itulah berbagai tips memandikan anjing Chow Chow yang bisa diterapkan agar tidak berontak. (WWN)