4 Tips Merawat Tanaman Hidroponik di Pekarangan Anti Gagal

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
21 Juni 2024 23:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips merawat tanaman hidroponik. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips merawat tanaman hidroponik. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanam tanah yang biasanya dipakai untuk menanam tanaman. Tips merawat tanaman hidroponik di pekarangan anti gagal dimulai dengan menentukan lokasi tanaman yang terkena cahaya matahari yang cukup.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Hidroponik Bertanam Sayuran Tanpa Tanah karya Mukhiban Isnan, pada umumnya hidroponik dilakukan didalam rumah kaca dengan menggunakan medium atau media tanam air yang mengandung zat hara.
Terdapat banyak keunggulan dari cara menanam hidroponik di pekarangan, diantaranya bisa memanen hasil tanam tanpa terkendala cuaca, mudak dilakukan di lahan sempit serta dapat dilakukan tanpa perlu memakai pestisida secara berlebihan selayaknya menanap di tanah lapang.

Tips Merawat Tanaman Hidroponik

Ilustrasi tips merawat tanaman hidroponik. Sumber: pixabay
Berikut ini penjelasan apa saja tips dalam merawat tanaman hidroponik di pekarangan rumah yang anti gagal dalam pemanenan:

1. Menyediakan Tempat dengan Sinar Matahari yang Cukup

Tips merawat tanaman hidroponik dimulai dari ketersediaan sinar matahari yang cukup tergantung pada jenis dan seberapa besar lahan yang digunakan untuk penanaman metode hidroponik.
ADVERTISEMENT
Alternatif untuk ketersediaan sinar matahari yang cukup dapat menggunakan rumah kaca dengan panel yang bening supaya bisa mendapaykan sinar matahari yang alami.
Cara lainnya yaitu menempatkan lahan tanaman hidroponik di dekat jendela yang cukup diterangi sinar matahari.

2. Memastikan Larutan Nutrisi Tetap dalam Keadaan Bersih

Ketika larutan nutrisi pada tanaman hidroponik mulai terlihat lebih keruh daripada biasanya, segera buang larutan tersebut dan bersihkan aliran air dalam saluran hidroponik sebelum dilakukan pengisian ulang.

3. Memberi Asupan Air Secukupnya

Air menjadi sumber nutrisi yang penting untuk tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik. Meski demikian, perlu diperhatikan juga kadar air yang diberikan jangan sampai berlebihan.
Yang perlu diperhatikan, akarnya harus selalu basah tetapi jangan sampai tergenang air yang dapat mempersulit pernapasan tanaman dan akar menjadi lebih mudah busuk. Perlu diingat juga, jenis air yang paling cocok untuk tanaman hidroponik adalah air bersih hasil penyaringan.
ADVERTISEMENT

4. Memeriksa Kondisi Tanaman secara Berkala

Permeriksaan kondisi tanaman hidroponik meliputi air selalu dalam keadaan yang memadai, tidak terdapat ganggang pada sumber air, hingga tanaman yang mulai tumbuh tinggi perlu penyangga atau tidak.
Demikian penjelasan tips merawat tanaman hidroponik di pekarangan yang anti gagal. (ARH)