5 Cara Memaksimalkan Lensa Kit agar Hasil Gambar Berkualitas

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
27 April 2024 21:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara memaksimalkan lensa kit, sumber foto: Brett Sayles by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara memaksimalkan lensa kit, sumber foto: Brett Sayles by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lensa kit merupakan lensa bawaan yang sudah tersedia lengkap dengan kamera, biasanya berupa lensa zoom 18-55 mm. Meski termasuk lensa bawaan, tetapi bisa dimaksimalkan dengan cara memaksimalkan lensa kit dalam penjelasan kali ini.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, banyak yang menganggap bahwa lensa kit adalah lensa yang berkualitas rendah. Padahal, lensa ini termasuk salah satu lensa yang cocok untuk pemula dan bisa dimaksimalkan dengan cara yang tepat.
Dikutip dari buku Kiat Mudah dan Murah Memotret Makro karya Eko Adiyanto dan Dicky Stefanus, simak cara mudah memaksimalkan lensa kit dalam penjelasan berikut.

Cara Memaksimalkan Lensa Kit

Ilustrasi cara memaksimalkan lensa kit, sumber foto: Tim Gomes by pexels.com
Lensa kit termasuk lensa bawaan kamera yang sering diabaikan, padahal bisa memberikan hasil yang bagus jika dimaksimalkan. Berikut tata cara memaksimalkan lensa kit agar memberikan hasil maksimal yang bisa dicoba.

1. Menggunakan Jarak Fokal Terpajang

Pertama, coba untuk menggugah jarak fokal terpanjang, yaitu 55 mm dan bukaan terbesar f/5.6. Kemudian, mulai potret objek dari jarak dekat ke subjek, tetapi latar belakangnya agak jauh.
ADVERTISEMENT

2. Perhatikan Jarak Fokus

Jika ingin foto sudut lebar, perhatikan jarak fokus karena lensa kit memiliki jarak fokus dari 18-55 mm. Sebenarnya, focal length 18 mm sudah cukup, hanya saja perlu bermain lebih banyak dengan varian sudut dan komposisi yang pas.

3. Manfaatkan Setting Bukaan f/8

Jangan lupa untuk menggunakan setting atau pengaturan bukaan f/8 saat kondisi cahaya terang dan ingin pemandangan terlihat lebih tajam. Hal ini karena f/8 bisa untuk berbagai jarak fokal lensa untuk mendapatkan ketajaman maksimal.

4. Melengkapi dengan Reverse Ring

Ketika ingin memotret makro, bisa melengkapi lensa kit dengan reverse ring agar hasilnya lebih berkualitas. Cara ini merupakan cara termudah untuk memotret makro menggunakan lensa kit tanpa perlu membeli lensa khusus makro.

5. Manfaatkan Tripod saat Gelap

Jika memotret di kondisi menjelang senja, sebaiknya gunakan tripod agar bisa memanfaatkan ISO terendah. ISO terendah ini akan membantu untuk mendapatkan kualitas foto terbaik meski hari sudah mulai gelap.
ADVERTISEMENT
Banyak cara memaksimalkan lensa kit yang bisa dilakukan untuk hasil yang berkualitas. Hal tersebut membuktikan bahwa lensa kit termasuk lensa bawaan yang bisa dimanfaatkan dengan cara yang tepat.(DSI)