Konten dari Pengguna

5 Cara Membuat Bonsai Kamboja yang Unik dan Cantik

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
14 September 2023 20:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara membuat bonsai kamboja, sumber foto: unsplash.com/Martin Baron
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membuat bonsai kamboja, sumber foto: unsplash.com/Martin Baron
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bonsai adalah salah satu hiasan yang bisa digunakan untuk mempercantik halaman rumah. Bonsai tanaman bisa dibuat dari beberapa tanaman, salah satunya tanaman kamboja. Cara membuat bonsai kamboja yang unik dan cantik sebenarnya cukup mudah.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, untuk menghasilkan bonsai kamboja yang unik dan cantik, diperlukan ketelitian. Selain ketelitian, juga perlu kesabaran. Pasalnya, bonsai kamboja membutuhkan waktu yang lama untuk terlihat indah. Simak caranya dalam uraian berikut.

5 Cara Membuat Bonsai Kamboja

Ilustrasi cara membuat bonsai kamboja, sumber foto: unsplash.com/Susann Schuster
Dikutip dari buku Budi Daya & Bisnis Adenium karya Sunardi & Meloedyn Sitanggang (2007), dijelaskan bahwa bonsai adalah seni menanam pohon dalam pot kecil dengan tujuan membuatnya tampak seperti pohon besar yang ada di alam.
Bonsai berasal dari Jepang. Banyak orang di seluruh dunia yang tertarik dengan keindahan dan kreativitasnya. Salah satu jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai adalah kamboja, yang memiliki bunga berwarna-warni dan aromatik.
Ada beberapa cara membuat bonsai kamboja yang unik dan cantik, di antaranya adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

1. Memilih Bibit Kamboja

Bibit kamboja adalah faktor penting yang menentukan hasil akhir dari bonsai. Bibit kamboja harus sehat, kuat, dan berkualitas. Bibit kamboja bisa didapatkan dari alam, dari penjual bibit, atau dari penyemaian sendiri.

2. Memilih Pot Bonsai

Pot bonsai adalah wadah tempat tanaman kamboja tumbuh dan berkembang. Pot bonsai harus memiliki bentuk dan ukuran yang sesuai dengan bibit kamboja. Pot bonsai juga harus memiliki lubang drainase yang cukup untuk menghindari genangan air.

3. Membentuk Cabang-Cabang Bonsai

Cabang-cabang bonsai kamboja adalah bagian yang memberikan karakter dan gaya pada bonsai. Cabang-cabang bonsai kamboja harus dibentuk sesuai dengan spesies dan jenisnya.
Cabang-cabang bonsai kamboja bisa dibentuk dengan beberapa teknik, seperti pruning (memotong), potong (mematahkan), grafting (menyambung), dan double tracking (menggandakan).

4. Memangkas dan Merawat Bonsai Kamboja

Memangkas dan merawat bonsai kamboja adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan bonsai.
ADVERTISEMENT
Memangkas dilakukan untuk menghilangkan daun atau batang yang mati, sakit, atau mengganggu. Memangkas juga dilakukan untuk merangsang pertumbuhan cabang baru dan bunga lebat.
Adapun merawat bonsai kamboja meliputi penyiraman, pemupukan, penyinaran, pengendalian hama dan penyakit, serta pemindahan pot jika perlu.

5. Menikmati Hasilnya

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka bisa menikmati hasil dari kerja keras membuat bonsai kamboja yang unik dan cantik.
Itulah cara membuat bonsai kamboja agar bisa menjadi bonsai yang unik dan cantik yang bisa dipraktikkan di rumah. (WWN)