5 Cara Ternak Domba dengan Modal Minim dan Untung Banyak

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
18 April 2024 23:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara ternak domba, sumber foto: Trinity Kubassek by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara ternak domba, sumber foto: Trinity Kubassek by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Domba termasuk salah satu ternak yang jarang dipilih masyarakat, padahal ternak domba adalah kegiatan yang menguntungkan. Apalagi cara ternak domba cukup mudah bisa dilakukan dengan modal minim, tetapi untungnya besar.
ADVERTISEMENT
Beberapa orang yang sudah lama ternak domba mungkin sudah tahu dengan keuntungan dan kemudahan dalam memeliharanya. Sayangnya, domba masih kalah populer dengan kambing yang banyak dipilih sebagai hewan ternak.
Dikutip dari buku Cara Memelihara Kambing dan Domba karya Yusnu Iman Nurhakim, di bawah ini beberapa cara mudah ternak domba dengan modal minim.

Cara Ternak Domba

Ilustrasi cara ternak domba, sumber foto: Kat Smith by pexels.com
Ternak domba lebih sering dijumpai di daerah pedesaan yang masih asri dan banyak ladang hijau. Jika tertarik untuk memelihara, bisa ikuti cara ternak domba dengan minim modal dan perawatan yang relatif mudah berikut.

1. Membuat Kandang Panggung dari Kayu

Kandang domba seharusnya berjarak 5 meter dari rumah agar bau kotoran dan urinenya tidak menyebar di sekitar rumah. Sebaiknya, buat kandang panggung dari kayu agar kotoran domba langsung terkumpul di bawah kandang dan bisa dijadikan pupuk.
ADVERTISEMENT

2. Pilih Indukan Berkualitas

Jangan lupa untuk memilih indukan domba yang berkualitas, baik dari segi kesehatan maupun kelincahannya. Indukan yang berkualitas tentu akan menghasilkan anakan yang berkualitas pula, ini bisa membuat harga jualnya relatif mahal.

3. Mulai Mengawinkan Domba

Proses selanjutnya adalah mengawinkan domba dengan domba jantan yang tidak kalah berkualitas. Pastikan juga bahwa domba betina sedang dalam kondisi birahi, kemudian lengkapi asupan cairannya untuk memperlancar proses.

4. Merawat Domba dengan Tepat

Jika domba dalam kondisi hamil, maka harus mendapatkan perawatan ekstra agar tetap sehat. Begitu pula setelah domba betina melahirkan anaknya, maka harus mendapatkan perawatan khusus, mulai dari cara menyusu hingga pemberian makanannya.

5. Pemberian Suplemen dan Vitamin

Domba juga perlu mendapatkan suplemen dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain itu, perlu mendapatkan perhatian lebih baik dari segi makanan yang berkualitas hingga kondisi kandang yang selalu nyaman.
ADVERTISEMENT
Cara ternak domba sebenarnya relatif sederhana, apalagi hanya dengan modal minim bisa memberikan keuntungan yang besar. Hanya saja perlu rutin membersihkan kandang, hingga memperhatikan kesehatan maupun makanannya.(DSI)