Konten dari Pengguna

5 Jenis Sepeda yang Cocok untuk Olahraga bagi Pemula

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
11 Juli 2024 23:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis sepeda yang cocok untuk olahraga. Sumber: Nubia Navarro (nubikini)/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis sepeda yang cocok untuk olahraga. Sumber: Nubia Navarro (nubikini)/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bersepeda adalah jenis olahraga menyenangkan yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan. Ada sejumlah jenis sepeda yang cocok untuk olahraga bagi pemula, seperti sepeda BMX dan sepeda balap.
ADVERTISEMENT
Atmaja dalam penelitiannya yang bertajuk Perancangan Kampanye Manfaat Aktifitas Bersepeda (Studi Kasus: Manfaat Aktifitas Bersepeda di Kota Bandung) menyatakan bahwa bersepeda adalah aktivitas yang ringan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Apabila ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar jenis sepeda yang cocok untuk olahraga, simak penjelasannya dalam bacaan berikut.

Jenis Sepeda yang Cocok untuk Olahraga

Ilustrasi jenis sepeda yang cocok untuk olahraga. Sumber: Pixabay/pexels.com
Bersepeda adalah jenis olahraga yang dapat dilakukan siapa saja dan menyehatkan bagi tubuh. Dalam bersepeda, kamu tentu membutuhkan sepeda yang tepat. Adapun sejumlah jenis sepeda yang cocok untuk olahraga adalah:

1. Sepeda Hybrid

Salah satu jenis sepeda yang cocok untuk olahraga adalah sepeda hybrid. Jenis sepeda ini adalah perpaduan antara sepeda balap serta sepeda gunung, sehingga cocok untuk jalan raya. Di samping itu, rangka sepeda hybrid juga menyerupai sepeda gunung serta mempunyai shock breaker di bagian roda depan.
ADVERTISEMENT

2. Sepeda Gunung

Jenis sepeda yang cocok untuk olahraga selanjutnya adalah sepeda gunung. Pada dasarnya, sepeda ini memang cocok digunakan pada medan cukup berat, seperti pegunungan. Jenis sepeda gunung ini pertama kali diperkenalkan tahun 1970 di San Francisco.
Ciri-ciri sepeda gunung adalah mempunyai rangka berasal dari pipi berukuran besar, kokoh, dan lebih kuat. Selain itu, sepeda ini mempunyai tapak ban yang dikhususkan untuk kemampuan mencengkeram tanah serta batu.

3. Sepeda Lipat

Jenis sepeda yang cocok untuk olahraga berikutnya adalah sepeda lipat. Sepeda ini cocok bagi pemula dan tergolong tidak ribet. Terlebih lagi, sepeda ini juga mudah dari segi menyimpannya. Kamu bisa menggunakannya untuk rute pendek dan berolahraga santai.

4. Sepeda Balap

Jenis sepeda yang cocok untuk olahraga lainnya adalah sepeda balap. Sepeda tersebut dirancang untuk balapan atau race. Umumnya, jenis sepeda ini tergolong ringan daripada sepeda lainnya dan mampu mencapai kecepatan sampai 60 km per jam.
ADVERTISEMENT

5. Sepeda BMX

Jenis sepeda yang cocok untuk olahraga yang terakhir adalah sepeda BMX ayai Bicycle Moto Cross. Sepeda ini cenderung populer untuk berolahraga. Di sisi lain, sepeda ini pertama kali diperkenalkan di California, Amerika Serikat tahun 1960-an.
Demikian informasi mengenai jenis sepeda yang cocok untuk olahraga. [ENF]