5 Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan untuk Mempercantik Rumah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 September 2023 23:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis tanaman hias dalam ruangan, sumber foto: unsplash.com/Amelia Cui
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis tanaman hias dalam ruangan, sumber foto: unsplash.com/Amelia Cui
ADVERTISEMENT
Rumah adalah tempat yang paling nyaman untuk beristirahat dan bersantai. Untuk menambah suasana alami, ada beberapa jenis tanaman hias dalam ruangan yang bisa mempercantik rumah. Salah satunya adalah tillandsia.
ADVERTISEMENT
Selain itu, masih ada berbagai jenis tanaman hias dalam ruangan lain yang dapat memperindah suasana rumah. Simak selengkapnya di sini.

5 Rekomendasi Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan

Ilustrasi jenis tanaman hias dalam ruangan, sumber foto: unsplash.com/Gemma Evans
Dikutip dari buku Membuat Tanaman Hias Tampil Unik karya Heru Prihmantoro, (2000), tidak semua tanaman hias cocok dijadikan sebagai hiasan di dalam ruangan.
Meski begitu, sebenarnya ada beberapa jenis tanaman hias dalam ruangan yang bisa ditempatkan di dalam rumah. Apa saja? Simak rekomendasinya di sini.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman hias dalam ruangan yang sangat populer karena memiliki banyak manfaat. Selain bisa digunakan sebagai bahan kosmetik dan obat herbal, lidah buaya juga bisa mengeluarkan oksigen di malam hari yang membuat tidur semakin nyenyak.

2. Daun Asparagus

Daun asparagus adalah tanaman hias dalam ruangan yang memiliki bentuk daun kecil yang memanjang dan memberikan aksen yang cantik. Tanaman ini cocok diletakkan di sudut ruangan untuk mengisi ruang kosong di antara perabotan rumah.
ADVERTISEMENT
Umumnya daun asparagus tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari yang banyak, tetapi harus diberi air secara teratur agar tetap segar.

3. Tillandsia

Tillandsia adalah tanaman hias dalam ruangan yang sangat unik karena tidak membutuhkan media tanah untuk tumbuh. Tanaman ini bisa ditanam dengan teknik terrarium atau menempelkannya pada batu, kayu, atau kawat.

4. Lidah Mertua

Lidah mertua adalah tanaman hias dalam ruangan yang sangat mudah dirawat dan tahan lama. Lidah mertua bisa bertahan tanpa air dan cahaya matahari selama beberapa minggu sehingga cocok bagi yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman.

5. Lavender

Lavender adalah tanaman hias dalam ruangan yang sangat terkenal karena memiliki aroma yang khas dan menyegarkan. Selain memperindah ruangan, lavender juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami, pengusir nyamuk, dan bahan pembuatan parfum.
ADVERTISEMENT
Itulah berbagai rekomendasi jenis tanaman hias dalam ruangan untuk mempercantik suasana rumah. (WWN)