5 Langkah Cara Memasang Senar Gitar bagi Pemula

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 Maret 2023 13:44 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi senar gitar (Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi senar gitar (Pexels)
ADVERTISEMENT
Mengetahui cara memasang senar gitar merupakan hal yang penting untuk menghasilkan nada yang baik dan menghindari kerusakan pada gitar.
ADVERTISEMENT
M. Zainal Fahri dalam buku Rahasia Jago Gitar berpendapat bahwa gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan oleh jari-jemari tangan atau sebuah plectrum (alat petik gitar).

Beberapa Langkah Cara Memasang Senar Gitar

Bagi pemula, memasang senar gitar mungkin terlihat sulit, berikut adalah langkah-langkah cara memasang senar di gitar dengan mudah dan benar bagi pemula:

1. Siapkan Senar Gitar

Langkah pertama adalah menyiapkan senar gitar. Pastikan Anda memiliki senar yang tepat untuk jenis gitar Anda dan ukuran serta jenis senar yang sesuai dengan gaya permainan Anda. Buka kemasan senar gitar dan keluarkan senar dari kemasannya.

2. Lepas Senar Lama

Langkah selanjutnya adalah melepas senar lama dari gitar. Anda dapat melakukan ini dengan memutar pasak atau tuner pada headstock gitar. Pastikan melepas senar dengan hati-hati agar tidak merusak gitar atau komponen lainnya.
ADVERTISEMENT

3. Pasang Senar Baru Sesuai Posisi

Langkah ketiga adalah memasang senar baru berdasarkan posisinya pada gitar. Masukkan senar baru ke dalam lubang-lubang di bridge atau jembatan gitar, lalu tarik senar melalui lubang-lubang pada pasak. Pastikan Anda menempatkan senar pada posisi yang benar untuk menghasilkan nada yang benar.

4. Putar Pasak

Langkah keempat adalah memutar pasak penyetelan. Putar kunci penyetelan ke arah yang sesuai (searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam) untuk mengencangkan senar dan mengatur intonasi dengan memutar kunci penyetelan ke atas atau ke bawah. Pastikan talinya tidak terlalu kencang atau terlalu longgar.

5. Potong Ujung Senar

Langkah terakhir adalah memangkas ujung senar. Setelah senar terpasang dan nada sudah diatur, gunakan pemotong kawat atau gunting untuk memotong ujung senar yang menonjol. Potong dengan hati-hati agar tidak merusak senar atau gitar.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa langkah cara memasang senar gitar bagi pemula. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, semoga Anda dapat dengan mudah dan benar memainkan gitar sehingga menghasilkan suara gitar yang tepat dan merdu.
(AZS)