5 Teknik Dasar Bermain Drum untuk Pemula

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 Maret 2024 21:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi teknik dasar bermain drum. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teknik dasar bermain drum. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam sebuah band atau kelompok musik, drum menjadi salah satu alat musik yang sangat berpengaruh. Teknik dasar bermain drum untuk pemula dimulai dengan mengenali peralatan drum secara lengkap.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Mudah Belajar Bermain Drum karya Yanny CT Lesarer, berbeda dengan alat musik lainnya yang dapat ditentukan dengan tangga nada, penabuh drum harus bisa menghadirkan harmonisasi dari ketukan.

Teknik Dasar Bermain Drum untuk Pemula

Ilustrasi teknik dasar bermain drum. Sumber: pixabay
Berikut beberapa teknik bermain drum untuk pemula yang dapat diterapkan:

1. Kenali peralatan drum secara lengkap

Sebelum mulai membeli drum, ada baiknya lakukan riset terlebih dahulu. Riset ini bisa dilakukan agar lebih memahami aspek apa saja yang bisa ditemukan dalam satu set alat musik drum.
Secara mendasar, satu set drum dilengkapi dengan alat-alat yang terdiri atas snare, tom, floor tom, crash, hi hat, ride, hingga kick bass.

2. Pilih stick drum yang tepat

Pada umumnya stick drum untuk pemula bobotnya lebih ringan dari yang biasanya. Bobot stick drum yang ringan ini akan memudahkan dalam belajar cara memainkan drum menggunakan pergelangan tangan dengan nyaman.
ADVERTISEMENT

3. Jaga postur tubuh dengan baik

Untuk menjaga postur tubuh saat belajar cara memainkan drum bagi pemula, biasakan untuk tetap menjaga postur tubuh supaya tetap tegap dengan kepala yang agak menunduk sedikit.

4. Memahami ritme ketukan musik

Drum menjadi poros ketukan dalam menjaga harmonisasi lagu secara keseluruhan. Untuk itu, sangat perlu untuk mempelajari ritme dari ketukan ini. Bisa dimulai dengan belajar dari seperempat ketukan, selanjutnya seperdelapan ketukan.

5. Lakukan sticking pada waktu luang

Sticking biasanya digunakan sebagai sarana pemanasan dalam cara memainkan drum untuk para pemula. Selain itu, sticking juga dapat membantu otot pergelangan tangan menjadi terbiasa hingga kuat untuk bermain drum dalam waktu yang lama.
Cobalah untuk selalu melakukan sticking di waktu luang. Bisa mulai membeli sticking pad drum supaya tidak merusak stick drum atau permukaan furnitur yang ada di dalam rumah masing-masing.
ADVERTISEMENT
Pastikan untuk membeli sticking drum pad yang berkualitas tinggi supaya tahan lama.
Demikian penjelasan mengenai teknik bermain drum untuk pemula. (ARH)