6 Cara Memilih Lensa Kamera Mirrorless Sesuai Kebutuhan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
29 April 2024 19:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara memilih lensa kamera mirrorless, sumber foto: Eduardo Gorghetto by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara memilih lensa kamera mirrorless, sumber foto: Eduardo Gorghetto by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lensa kamera mirrorless adalah lensa tambahan untuk hasil lebih maksimal yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Namun masih banyak yang belum tahu cara memilih lensa kamera mirrorless yang tepat dan pastinya sesuai kebutuhan.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena baru dalam waktu dekat lensa mirrorless kembali dilirik oleh masyarakat, terutama para fotografer pemula. Umumnya lensa kamera mirrorless memiliki ukuran yang lebih ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana.
Dikutip dari buku 101 Trik Memilih Peralatan DSLR karya Jubilee Enterpris, di bawah ini ada beberapa cara mudah memilih lensa kamera mirrorless.

Cara Memilih Lensa Kamera Mirrorless

Ilustrasi cara memilih lensa kamera mirrorless, sumber foto: A E G Ş by pexels.com
Lensa kamera mirrorless sekarang ini sudah menjadi bagian penting untuk mendapatkan hasil bidikan yang sempurna. Sebelum membeli, simak tata cara memilih lensa kamera mirrorless dalam penjelasan berikut ini.

1. Memilih Lensa yang bisa Memotret Cahaya Rendah

Pertama, pilih lensa kamera yang bisa memotret cahaya rendah, biasanya yang perlu diperhatikan adalah aperture. Semakin besar lensa aperture, maka akan semakin baik untuk menangkap gambar di cahaya yang minim.
ADVERTISEMENT

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Baik fotografer pemula maupun profesional tetap harus memilih lensa kamera mirrorless sesuai kebutuhan. Kebutuhan umum seorang fotografer adalah ketajaman, hasil, warna bokeh, dan visual yang berkualitas.

3. Perhatikan Fokal Maksimum dan Minimum

Fokal minimum merupakan jarak terdekat yang dapat lensa fokuskan, sedangkan jarak fokal maksimum adalah jarak fokus terjauh. Sebaiknya pilih kamera yang memiliki jarak fokal minimum dan maksimum yang seimbang.

4. Bisa Memotret Jarak Jauh

Jika suka memotret objek dari kejauhan, maka pilih lensa yang punya focal length antara 24mm hingga 200mm. Pada dasarnya, lensa dengan spesifikasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan.

5. Sesuaikan dengan Anggaran

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah memilih lensa kamera mirrorless yang sesuai dengan anggaran. Pastikan dengan anggaran yang rendah, bisa mendapatkan lensa kamera mirrorless yang sudah punya kualitas cukup.
ADVERTISEMENT

6. Pertimbangkan Rekomendasi dari Fotografer Lain

Biasanya sesama fotografer akan saling berdiskusi dan mencari rekomendasi lensa terbaik, terutama untuk lensa kamera mirrorless. Ada baiknya untuk meminta rekomendasi teman fotografer yang sudah berpengalaman menggunakan mirrorless.
Cara memilih lensa kamera mirrorless tersebut penting untuk dipelajari secara mendalam agar mendapatkan lensa yang sesuai keinginan.(DSI)