6 Sayuran yang Boleh Dimakan Anjing dan Baik bagi Kesehatannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 23:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustasi anjing makan sayur. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustasi anjing makan sayur. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Sayuran merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki dampak baik untuk tubuh dan mental makhluk hidup, termasuk anjing. Sayangnya, tidak semua sayuran bisa dimakan oleh hewan lucu ini.
ADVERTISEMENT
Karena itu, mengetahui jenis sayuran yang boleh dimakan anjing merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan mereka. Apa saja jenis sayuran tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

Jenis Sayuran yang Boleh Dimakan Anjing

Ilustrasi sayuran yang boleh dimakan anjing. Sumber foto: Unsplash
Anjing merupakan hewan omnivora atau pemakan segala. Mereka bisa mengonsumsi apapun yang ada di depannya, mulai dari daging, biji-bijian, hingga sayuran yang dikenal memiliki banyak manfaat.
Dikutip dari laman Dogs Naturally, salah satu manfaat dari sayuran untuk anjing adalah membantu organ-organ tubuhnya bekerja lebih baik. Karena itu, makanan ini dianggap bagus untuk anjing.
Namun, penting untuk mengetahui bahwa tidak semua sayuran bisa dikonsumsi oleh anjing. Hanya ada beberapa sayuran yang boleh diberikan pada anjing. Apa saja? Berikut ini daftarnya.
ADVERTISEMENT

1. Seledri

Salah satu sayuran yang boleh dimakan anjing adalah seledri, karena tinggi vitamin A. Kandungan inilah yang membantu dalam meningkatkan penglihatan hewan kesayangan. Belum lagi, seledri termasuk rendah kalori sehingga bisa mencegah obesitas.

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan serat, vitamin A, C, dan E, sehingga bagus untuk pertumbuhan anjing. Selain itu, brokoli hampir tidak mengandung lemak, dan akhirnya berat badan bisa terjaga.

3. Labu

Labu adalah sayuran yang tinggi serat dan air. Karena itu, labu sangat cocok untuk menjadi camilan atau tambahan dalam makanan anjing. Labu juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan beta-karoten, yang baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh anjing.
Namun, hindari pemberian labu yang dimasak dengan bumbu atau gula tambahan. Karena hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan pada anjing.
ADVERTISEMENT

4. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran yang paling sering diberikan kepada anjing, karena bagus untuk pencernaan dan gigi mereka. Memberikan wortel mentah atau direbus sebagai camilan kepada anjing dapat membantu membersihkan gigi dan menjaga gusi.

5. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan anjing. Namun, pastikan tidak memberikan kacang hijau yang sudah diproses dan diolah dengan bahan lain.

6. Kembang Kol

Sayuran terakhir yang boleh dimakan untuk anjing adalah kembang kol. Sayuran ini bisa diberikan dalam bentuk mentah atau sudah direbus, sesuai dengan referensi pemilik.
Itulah beberapa jenis sayuran yang boleh dimakan oleh anjing dan baik bagi kesehatannya. (RN)