Apakah Kucing Anggora Bisa Kawin dengan Kucing Kampung? Ini Jawabannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 23:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apakah kucing anggora bisa kawin dengan kucing kampung. Foto: Hiroko Sekine/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah kucing anggora bisa kawin dengan kucing kampung. Foto: Hiroko Sekine/Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apakah kucing anggora bisa kawin dengan kucing kampung? Banyak orang yang masih tidak tahu jawabannya karena kucing anggora dan kucing kampung berbeda jenis.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa jawaban dari pertanyaan apakah kucing anggora bisa kawin dengan kucing kampung? Dan, apa saja jenis-jenis kucing anggora? Simak jawaban serta penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apakah Kucing Anggora Bisa Kawin dengan Kucing Kampung?

Ilustrasi apakah kucing anggora bisa kawin dengan kucing kampung. Foto: Engin Akyurt/Unsplash
Melansir situs eprints.utdi.ac.id, kucing anggora berasal dari kota Ankara, ibukota Turki. Sekilas kucing tersebut mirip kucing persia. Akan tetapi, jika diperhatikan lebih teliti, akan tampak perbedaan pada bagian hidung, bulu, serta badannya.
Kucing ini diketahui sebagai jenis kucing berbulu panjang pertama yang ada di Eropa. Tidak heran jika dahulu kucing anggora kerap dijadikan sebagai hadiah bagi pengunjung Turki.
Keberadaan kucing anggora semakin terkenal, terlebih karena tampilan menarik dengan bulu panjang yang cantik. Karena tingginya minat terhadap kucing anggora, banyak orang mencoba perkawinan silang antara kucing anggora dan kucing lokal.
ADVERTISEMENT
Jadi, apakah kucing anggora bisa kawin dengan kucing kampung? Jawabannya bisa. Keturunannya disebut kucing anggora domestik.

Ragam Jenis Kucing Anggora

Kucing anggora sendiri terdiri dari beragam jenis. Inilah beberapa di antaranya.

1. Anggora x Anggora

Keturunan dari dua kucing yang sama-sama berjenis anggora disebut kucing anggora asli. Ciri kucing anggora peranakan asli terlihat dari wajahnya yang runcing, hidung mancung, tulang besar, dan ukuran tubuh yang panjang.
Umumnya, kucing anggora peranakan asli memiliki warna bulu putih bersih dan tidak mudah berubah.

2. Anggora x Persia

Jenis kucing anggora ini merupakan hasil perkawinan silang antara kucing anggora dan persia. Anabul ini memiliki bentuk tulang yang besar dan tubuh panjang seperti kucing anggora.
Namun, wajahnya agak bulat dan hidungnya pesek layaknya kucing persia. Perpaduan tersebut menjadi keunikan kucing anggora x persia yang menarik minat berbagai kalangan.
ADVERTISEMENT

3. Anggora x Kampung

Keturunan anggora dan kucing kampung disebut kucing anggora domestik yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Ciri fisik kucing anggora domestik tampak dari wajahnya yang mirip kucing anggora, tetapi memiliki badan lebih kecil dan bulu lebih pendek seperti kucing kampung.
Demikian jawaban dari apakah kucing anggora bisa kawin dengan kucing kampung. Kucing anggora rupanya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan perkawinan silang yang dilakukan. (DN)