Apakah Sukulen Sama dengan Kaktus? Ini Jawabannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 22:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apakah Sukulen Sama dengan Kaktus? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/alis&po
zoom-in-whitePerbesar
Apakah Sukulen Sama dengan Kaktus? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/alis&po
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tanaman hias merupakan salah satu hal penting ketika mendekorasi rumah dan salah satu tanaman hias yang bisa digunakan sebagai dekorasi adalah kaktus. Salah satu hal yang sering ditanyakan adalah apakah sukulen sama dengan kaktus?
ADVERTISEMENT
Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah ciri-ciri dari kedua tanaman hias tersebut. Lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Apakah Sukulen Sama dengan Kaktus? Ini Jawaban Lengkapnya

Apakah Sukulen Sama dengan Kaktus? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/freestocks
Jika ingin menjawab pertanyaan apakah sukulen sama dengan kaktus maka harus memahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan sukulen dan juga kaktus. Dikutip dari buku Bunga-bunga Cantik dari Kertas Quiling karya Helen Walter, (2013) pengertiannya adalah sebagai berikut.
Sukulen merupakan istilah yang biasa digunakan dalam bahasa tanaman di mana artinya adalah tanaman yang memiliki karakteristik penyerapan serta menyimpan air pada batang utamanya.
Hal tersebut yang membuat sukulen bisa pada tanaman hias apa saja yang terpenting tanaman hias tersebut memiliki kemampuan dalam menyimpan air dalam jumlah yang banyak. Kemampuan ini memberikan kemampuan bagi tanaman jenis ini untuk memiliki toleransi yang tinggi terhadap cuaca panas.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut artinya sukulen merupakan sebuah keluarga tanaman bukan merujuk pada tanaman tertentu. Keluarga tanaman ini merupakan jenis tanaman yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias karena penampilannya yang unik dan menarik.
Tentunya hal tersebut berbeda dengan kaktus yang merupakan jenis tanaman yang menjadi bagian dari tanaman sukulen atau tanaman yang memiliki kemampuan dalam menyimpan air di batangnya.
Kaktus menjadi tanaman yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias karena aneka bentuknya yang menarik. Keberadaannya cocok digunakan untuk melengkapi dekorasi rumah maupun ruangan.
Kelebihan lain dari tanaman ini adalah perawatannya yang relatif mudah dan toleransi terhadap cuacannya sangat tinggi. Hal tersebut cocok untuk pemilik yang tidak memiliki banyak waktu untuk memberikan perawatan pada tanaman hias jenis ini.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pembahasan tersebut maka jawaban dari pertanyaan apakah sukulen sama dengan kaktus maka jawabannya adalah berbeda. Hal tersebut karena sukulen merupakan kelompok tanaman sementara kaktus merupakan bagian dari kelompok sukulen. (WWN)