Apakah Warna Kucing Mempengaruhi Sifatnya? Cek Faktanya di Sini

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
29 Februari 2024 23:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apakah Warna Kucing Mempengaruhi Sifatnya? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ludemeula Fernandes
zoom-in-whitePerbesar
Apakah Warna Kucing Mempengaruhi Sifatnya? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ludemeula Fernandes
ADVERTISEMENT
Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh manusia, salah satu alasannya karena kucing adalah hewan yang jinak dan juga cantik. Ada beberapa pertanyaan yang berseliweran berkaitan dengan kucing, misalnya adalah apakah warna kucing mempengaruhi sifatnya.
ADVERTISEMENT
Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka harus mengacu pada beberapa penelitian seputar kucing yang sudah dilakukan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Apakah Warna Kucing Mempengaruhi Sifatnya? Ini Faktanya

Apakah Warna Kucing Mempengaruhi Sifatnya? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Yerlin Matu
Dikutip dari buku Hewan Menyusui (Mamalia) karya Dhany Ardyansyah, (2023) setiap kucing memiliki ciri khas warna masing-masing yang membedakan dengan kucing lainnya. Warna dan corak kucing yang berbeda tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor.
Warna kucing dipengaruhi oleh rasa yang dimiliki oleh kucing tersebut. Selain itu, juga dipengaruhi oleh gen keturunan dari kucing. Namun, apakah warna kucing mempengaruhi sifatnya?
Merujuk pada beberapa penelitian yang ada, warna kucing sebenarnya tidak memiliki hubungan secara langsung dengan sifat kucing.
Mengapa demikian? Karena sifat kucing sebenarnya lebih dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan dan juga kebiasaan serta interaksi mereka dengan manusia.
ADVERTISEMENT
Sebagai contoh, kucing yang terbiasa bertemu dan bersentuhan dengan manusia akan memiliki sifat yang lebih kalem dan tidak agresif dengan manusia. Berbeda dengan kucing yang jarang bertemu dengan manusia, kemungkinan besar akan lebih agresif.
Meski begitu banyak yang meyakini bahwa sifat dari kucing bisa dilihat dari warnanya, misalnya adalah sebagai berikut:

1. Kucing Putih

Kucing putih dipercaya memiliki sifat yang manja, pemalu, dan kerap mengalami rasa gelisah. Kucing dengan warna ini biasanya memiliki tingkah laku yang menggemaskan dan lucu.

2. Kucing Warna Abu-abu

Kucing dengan warna ini dikenal memiliki sifat yang cukup agresif dibandingkan dengan jenis kucing lainnya.
Kucing warna ini cenderung memiliki sifat yang nakal, jahil dan juga atraktif. Kucing abu-abu biasanya adalah kucing yang memiliki rasa penasaran yang tinggi.
ADVERTISEMENT

3. Kucing Hitam-Putih

Kucing dengan warna hitam putih dikenal sebagai pendengar yang baik dan suka memberikan kasih sayang kepada pemiliknya. Selain itu, kucing hitam putih juga dikenal dengan sifatnya yang mandiri dan tidak terlalu rewel.

4. Kucing Oren

Kucing oren merupakan salah satu kucing yang lucu karena warnanya yang mencolok. Kucing warna ini dikenal sebagai kucing yang sangat energik dan memiliki kepribadian yang kuat. Kucing jenis ini biasanya sangat suka diajak bermain.
Demikian jawaban dari pertanyaan apakah warna kucing mempengaruhi sifatnya. (WWN)