Konten dari Pengguna

Berapa Lama Rambutan Binjai Berbuah? Ini Cara Budidayanya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
10 Mei 2024 23:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi berapa lama rambutan binjai berbuah?, sumber foto: Quang Nguyen Vinh by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi berapa lama rambutan binjai berbuah?, sumber foto: Quang Nguyen Vinh by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rambutan Binjai adalah salah satu jenis rambutan yang menarik untuk dipelihara karena peminatnya sangat banyak. Jika ingin membudidaya, berapa lama rambutan Binjai berbuah? Biasanya akan berbuah 2-3 tahun setelah penanaman.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, membudidayakan rambutan Binjai relatif mudah karena bisa tumbuh subur di daerah tropis. Sehingga bisa dibudidayakan di dataran tinggi maupun dataran rendah asal nutrisinya tercukupi dengan baik.
Dikutip dari buku Rambutan: Buah Tropis yang Manis dari Asia karya Tresno Saras, berikut lama waktu dan cara budidaya rambutan Binjai.

Berapa Lama Rambutan Binjai Berbuah?

Ilustrasi berapa lama rambutan binjai berbuah?, sumber foto: ROMAN ODINTSOV by pexels.com
Rambutan Binjai adalah buah rambutan yang punya kulit merah dengan tekstur kulit kenyal dan rasa yang manis. Buah rambutan ini termasuk salah satu rambutan terfavorit, sehingga akan sangat menguntungkan apabila dibudidayakan.
Namun sebelum mulai budidaya, perlu diketahui bahwa pohon rambutan Binjai akan berbuah dalam 2-3 tahun setelah tanam. Biasanya panen terjadi pada bulan November hingga Februari, berikut cara budidaya yang bisa dipraktekkan.
ADVERTISEMENT

1. Persiapan Lahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan lahan yang cukup luas. Namun bukan sembarangan lahan yang bisa dipilih, tetapi harus memenuhi kriteria penanaman agar hasilnya optimal.

2. Siapkan Bibit Berkualitas

Bibit bisa dikembangbiakkan dengan cara generatif maupun vegetatif, tetapi jika ingin yang instan ada baiknya memilih bibit siap tanam. Apapun caranya, bibit rambutan Binjai harus berkualitas yang mana sehat dan aman dari gangguan hama tanaman.

3. Penanaman

Pindahkan bibit ke lubang tanam yang sudah disiapkan, pastikan bibit berdiri tegak lurus. Jika sudah pas, langsung saja tutup dengan tanah galian yang sudah dicampur dengan pupuk organik sampai leher akar.

4. Perawatan

Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada tanaman rambutan binjai sejak awal penanaman hingga masa panen. Perawatan ini meliputi penyiraman, pemupukan, penyulaman, pemangkasan, hingga pemberantasan hama dan penyakit.
ADVERTISEMENT

5. Panen

Rambutan Binjai baru bisa dipanen setelah 2-3 tahun sejak masa tanam yang pertama untuk hasil yang berkualitas. Jumlah buah secara keseluruhan dalam satu pohon rambutan Binjai adalah 500-700 kilogram dengan ukuran yang sangat memuaskan.
Berapa lama rambutan binjai berbuah? Secara umum rambutan ini akan berbuah 2-3 tahun semenjak awal tanam. (DSI)