Cara Memandikan Anjing Poodle Agar Tidak Memberontak

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
7 Mei 2024 17:34 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Memandikan Anjing Poodle. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/James Tiono
zoom-in-whitePerbesar
Cara Memandikan Anjing Poodle. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/James Tiono
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Anjing poodle atau biasa disebut dengan anjing pudel merupakan salah satu jenis ras anjing tertua yang berasal dari Jerman. Seperti anjing lainnya, jenis ini perlu perawatan seperti mandi dan lain sebagianya. Oleh karena itu pemilik wajib mengetahui cara memandikan anjing poodle.
ADVERTISEMENT
Mengetahui cara memandikan anjing adalah hal yang penting, karena jika salah memandikan, biasanya anjing akan memberontak dan melawan. Oleh karena itu, simak pembahasan berikut ini.

Cara Memandikan Anjing Poodle

Cara Memandikan Anjing Poodle. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/James Tiono
Dikutip dari buku Majalah Cat And Dog Edisi 20 karya Tim Redaksi, (2020) Nama "poodle" sendiri berarti "cipratan air" karena pudel adalah anjing pelacak di air dan pandai berenang. Di Prancis, pudel menjadi sangat populer dan dikenal sebagai Caniche, yang merupakan turunan dari kata "chien" (anjing) dan "canard" (bebek).
Anjing poodle adalah anjing cerdas, atletis, dan mudah dilatih. Mereka memiliki bulu keriting yang kasar, terus tumbuh, dan jarang rontok.
Pudel datang dalam berbagai warna, seperti putih, coklat, dan hitam. Karena bulunya yang khas tersebut maka harus dirawat dengan baik, salah satunya dengan rutin dimandikan.
ADVERTISEMENT
Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara memandikan anjing poodle yang wajib diketahui pemilik.

1. Siapkan Peralatan yang Digunakan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan peralatan dan perlengkapan mandi yang digunakan untuk memandikan anjing. Perlengkapan yang dibutuhkan, seperti sampo khusus poodle, kondisioner, handuk, sikat gigi, pasta gigi, dan sisir khusus poodle.

2. Buat Suasana yang Nyaman

Memberikan kenyamanan bagi anjing sebelum dimandikan merupakan suatu hal yang sangat penting. Siapkan tempat mandi di ruangan yang hangat dan tenang. Hindari mandi di luar ruangan saat cuaca dingin atau panas.

3. Gunakan Air Hangat

Saat memandikan anjing usahakan untuk menggunakan air hangat dengan suhu ideal sekitar 38 derajat. Hal tersebut untuk membuat anjing nyaman dan tidak memberontak saat dimandikan.

4. Mandikan Anjing dengan Perlahan

Jika sudah siap semuanya maka mandikan anjing dengan perlahan. Basahi bulu anjing secara perlahan dan merata, mulai dari bagian atas ke bawah. Hindari menyemprotkan air ke wajah dan telinga.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya gunakan sampo khusus poodle dan pijat dengan lembut ke seluruh tubuh anjing. Hindari area mata, hidung, dan telinga. Bilas sampo secara menyeluruh dengan air hangat sampai tidak ada lagi busa yang tersisa.

5. Keringkan Bulu Anjing

Jika sudah selesai jangan lupa untuk mengeringkan bulu anjing. Gunakan handuk untuk mengeringkan bulu anjing sebanyak mungkin. Selain itu juga bisa menggunakan hair dryer dengan pengaturan panas rendah, namun perhatikan jarak dan hindari meniupkan udara panas langsung ke kulit anjing.
Demikian pembahasan mengenai tata cara memandikan anjing poodle agar tidak memberontak. (WWN)