Cara Memandikan Anjing yang Takut Air Agar Tidak Memberontak

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
10 Mei 2024 22:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Memandikan Anjing yang Takut Air. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Pauline Loroy
zoom-in-whitePerbesar
Cara Memandikan Anjing yang Takut Air. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Pauline Loroy
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memandikan anjing merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh guna menjaga kesehatan bulu dan kulitnya. Namun, ada kalanya anjing merasa tidak suka dimanjdikan.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu pemilik wajib mengetahui cara memandikan anjing yang takut air agar tidak memberontak. Simak pembahasannya di sini.

Cara Memandikan Anjing yang Takut Air

Cara Memandikan Anjing yang Takut Air. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Anna Dudkova
Memandikan anjing tidak akan selalu mudah seperti yang ada di dalam bayangan, terutama ketika menghadapi anjing yang memiliki trauma atau ketakutan dengan air. Memaksa anjing yang takut air untuk mandi jika tidak dilakukan dengan tepat biasanya hanya akan berakhir sia-sia.
Hal tersebut karena anjing akan memberontak dan menyerang pemilik atau orang yang memandikannya.
Dikutip dari buku Cara Benar dan Hemat karya Nabari Tarigan dkk., (2024) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan cara memandikan anjing yang takut air agar tidak memberontak. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.
ADVERTISEMENT

1. Membuat Anjing Nyaman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat anjing merasa nyaman dan rileks sebelum dimandikan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara memilih waktu mandi yang tepat. Hindari memandikan anjing saat mereka lelah, lapar, atau terburu-buru.
Selanjutnya gunakan ruangan yang hangat dan bebas dari angin kencang. Siapkan handuk yang empuk untuk alas mandi dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau oleh anjing.

2. Gunakan Air Hangat

Salah satu hal yang membuat anjing menjadi takut untuk mandi adalah sensasi dingin yang ditimbulkan oleh air. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan air hangat pada saat memandikan anjing.

3. Beri Mainan dan Snack

Jika anjing ketakutan ketika melihat air usahakan untuk memberikan mereka mainan atau memberi mereka snack agar tidak takut dengan air. Snack bisa diberikan kepada anjing sebagai hadiah jika tidak memberontak.
ADVERTISEMENT

4. Mandikan dengan Perlahan

Agar anjing nyaman dan tidak memberontak maka pada saat memandikan lakukan dengan perlahan.
Mulailah dengan membasahi bagian tubuh anjing yang tidak terlalu sensitif, seperti kaki dan ekor. Hindari menuangkan air langsung ke kepala karena akan membuat anjing takut dan langsung ingin lari.

5. Keringkan Bulu Anjing

Gunakan handuk yang empuk untuk mengeringkan anjing dengan seksama. Selain itu juga dapat menggunakan hair dryer dengan pengaturan panas rendah untuk membantu mengeringkan bulu mereka.
Itulah penjelasan mengenai cara memandikan anjing yang takut air agar tidak memberontak. (WWN)