Konten dari Pengguna

Cara Membedakan Anis Kembangan Jantan dan Betina untuk Pemula

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
10 Juli 2024 22:31 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara membedakan anis kembangan jantan dan betina. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membedakan anis kembangan jantan dan betina. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Anis kembangan merupakan salah jenis burung kicauan yang memiliki banyak penggemar dari para pecinta burung kicauan di Indonesia. Namun, untuk para pemula sering kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya. Cara membedakan anis kembangan jantan dan betina untuk pemula, pada jantan, cara berdirinya lebih lurus.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Kocek Mantap dari Anis Merah Jawara Lomba karya Suryo S, faktor yang membuat burung anis kembangan memiliki banyak penggemar diantaranya yaitu memiliki suara kicauan yang jernih bervolume kencang dan corak pada bulunya yang cukup unik.
Corak warna dan bulu pada burung anis kembangan yang cukup unik tersebut kerap kali membuat pecinta burung kicauan yang masih pemula kesulitan membedakan jenis kelamin jantan atau betina karena coraknya yang cukup sama.

Cara Membedakan Anis Kembangan Jantan dan Betina untuk Pemula

Ilustrasi cara membedakan anis kembangan jantan dan betina. Sumber: pixabay
Berikut penjelasan apa saja yang perlu diperhatikan saat mencoba cara membedakan anis kembangan jantan dan betina untuk pemula:

1. Cara Berdiri

Ini cara termudah yang dapat dilakukan oleh pemula, yakni perhatikan kakinya. Untuk jantan, cara berdirinya hampir tegak lurus di bagian kaki dan paha. Sedangkan betina, kakinya membentuk segitiga atau terlihat sedikit ditekuk.
ADVERTISEMENT

2. Kegiatan di Kandang

Pada umumnya, burung anis kembangan berjenis kelamin jantan lebih agresif berbeda dengan betina yang lebih kalem. Hal ini dapat menjadi patokan ketika burung anis sama-sama dari hasil penangkaran.

3. Suara Kicauan dari Paruh

Burung anis kembangan jantang mengeluarkan suara kicauan dengan berirama seperti menyanyikan lagu dengan paruhnya yang terbuka. Sedangkan, burung anis kembangan berjenis kelamin betina mengeluarkan suara kicauan tanpa membuka paruh, terkadang hanya dengan suara tenggorokan.

4. Warna Mata dan Bagian Tubuh Tertentu

Warna mata pada burung anis kembangan berjenis kelamin jantan pada umumnya lebih menonjol. Selain itu warna hitam pada bagian leher kerap kali dapat terlihat bahwa burung anis memiliki jenis kelamin jantan.
Warna bulu yang lebih mengkilap juga mengindikasikan jenis kelamin jantan dibanding warna burung anis kembangan betina yang cenderung lebih pudar.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan mengenai cara membedakan anis kembangan jantan dan betina untuk para pemula. (ARH)