Cara Menanam Daun Mint yang Mudah dan Cepat Tumbuh Subur

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
19 Maret 2023 16:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Inspirasi cara menanam daun mint, sumber foto: icon0.com/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Inspirasi cara menanam daun mint, sumber foto: icon0.com/pexels.com
ADVERTISEMENT
Apakah kamu sudah tahu dengan tata cara menanam daun mint yang benar dan tepat agar cepat tumbuh subur? Jika belum, maka kamu wajib untuk mengikuti penjelasan ini hingga selesai.
ADVERTISEMENT
Daun mint sendiri merupakan sebutan untuk spesies tanaman termasuk spearmint maupun peppermint. Tanaman ini dimanfaatkan untuk tambahan pada minuman maupun makanan.

Cara Menanam Daun Mint

Inspirasi cara menanam daun mint, sumber foto: Cats Coming/pexels.com
Daun mint juga dapat memberikan sensasi segar dan dingin pada minuman atau makanan yang ditambahkan. Maka tidak heran, jika banyak yang tertarik untuk menanam daun yang satu ini.
Dikutip dari buku Memanfaatkan Bahan Dapur sebagai Sumber Benih Berkebun karya Farzan Ghazi, inilah beberapa cara menanam daun mint yang mudah dan cepat tumbuh subur.

1. Persiapkan Tangkai Tanaman

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan tangkai dari tanaman daun mint. Pilihlah tangkai yang berkualitas dengan ukuran yang pas tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

2. Siapkan Gelas Berisi Air Bersih

Selanjutnya kamu perlu mempersiapkan gelas yang berisi air bersih. Usahakan untuk memilih gelas bening yang cukup tinggi agar bisa menampung lebih banyak air.
ADVERTISEMENT

3. Masukkan Tangkai ke Dalam Gelas

Jika tangkai dan gelas sudah kamu persiapkan, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mulai menanam daun mint. Caranya dengan memasukkan tangkai daun mint ke dalam gelas yang sudah berisi air.

4. Tunggu Hingga Akar Tumbuh

Jika tangkai daun mint sudah dimasukkan ke dalam gelas berisi air, maka langkah selanjutnya adalah menunggu. Kamu harus menunggu hingga tangkai tersebut tumbuh akar.

5. Pindahkan Daun Mint ke Pot

Jika sudah memasuki umur sekitar 2 minggu, kamu bisa memindahkan tanaman daun mint ke pot kecil. Pastikan untuk mengisi pot kecil tersebut dengan tanah dan media tanam yang seimbang.
Baru bisa kamu masukkan tanaman daun mint ke dalamnya. Kemudian letakkan tanaman tersebut ke jendela dapur.

6. Pastikan Daun Mint Mendapat Cukup Sinar Matahari

Meletakkan tanaman daun mint di dekat jendela memang perlu kamu lakukan. Hal ini agar daun mint bisa mendapatkan cukup sinar matahari untuk pertumbuhannya.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa cara menanam daun mint yang wajib untuk kamu perhatikan agar bisa tumbuh dengan cepat. Jika sudah melakukan tahapan di atas, maka kamu hanya perlu menunggu hingga daun mint tumbuh dan bisa digunakan. Selamat mencoba (DSI)