Cara Mengatasi Ikan Arwana Lemas Bagi Kolektor

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 23:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ikan arwana. Sumber foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ikan arwana. Sumber foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mengatasi ikan arwana lemas merupakan salah satu solusi yang penting untuk diketahui para kolektor. Tujuannya untuk menjaga produktivitas dan keindahan pergerakan mereka.
ADVERTISEMENT
Ikan arwana yang mudah lemas dan tidak aktif sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti lingkungan yang kotor atau pemberian pakan tidak seimbang.
Untuk mengatasi kondisi ikan arwana yang lemas tersebut, simak pembahasannya di sini.

Cara Mengatasi Ikan Arwana Lemas

Ilustrasi ikan arwana. Sumber foto: Unsplash
Dikutip dari buku Ensiklopedia Fauna Khas Indonesia karya Weni Rahayu, arwana atau biasa disebut ikan naga merupakan salah satu ikan hias langka di Indonesia. Habitat aslinya sendiri ada di Papua.
Ikan ini sendiri sangat populer di kalangan pecinta ikan karena memiliki tubuh yang indah, lalu dipadu sisik rapi. Akibatnya, tak jarang arwana selalu diburu oleh para kolektor.
Sayangnya, arwana sering mendapatkan permasalahan yang membuat kolektor rugi, yakni lemas atau penurunan produktivitas. Umumnya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pemberian pakan kurang bagus, lingkungan kotor, hingga kecelakaan ringan.
ADVERTISEMENT
Untuk mencegah kerugian dan mengatasi arwana yang lemas, kolektor bisa melakukan beberapa cara. Berikut penjelasannya.

1. Bersihkan Kolam Secara Rutin

Membersihkan kolam atau akuarium arwana secara rutin merupakan langkah pertama untuk mengatasi ikan yang lemas. Selain itu, pergantian air secara berkala juga dapat menghilangkan racun berbahaya yang memicu penyakit.

2. Berikan Pakan Tinggi Nutrisi

Nutrisi yang cukup adalah kunci untuk menjaga produktivitas arwana. Berikan pakan berkualitas tinggi yang mengandung protein, vitamin, dan mineral, sehingga pertumbuhan dan kekuatan arwana bisa terjaga.

3. Tingkatkan Kadar Oksigen

Kadar oksigen yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan ikan arwana. Karena itu, pastikan sistem aerasi atau pengaliran udara dalam kolam arwana berfungsi dengan baik.

4. Jaga Kestabilan pH Air

Terakhir, untuk mengatasi ikan arwana yang lemas, pemilik harus menjaga kestabilan pH air. Tujuannya adalah untuk menghindari stres berlebihan yang dapat membuat arwana kehilangan semangat.
ADVERTISEMENT
Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi ikan arwana lemas yang perlu diketahui pemiliknya. (RN)