Ciri Sukulen Kekurangan Air yang Harus Diketahui Pemilik

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 22:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ciri-ciri Sukulen Kekurangan Air. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Blanca Paloma Sánchez
zoom-in-whitePerbesar
Ciri-ciri Sukulen Kekurangan Air. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Blanca Paloma Sánchez
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagi penggemar tanaman hias, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis sukulen yang terkenal dengan bentuknya yang unik dan menarik.
ADVERTISEMENT
Meski mampu bertahan dalam segala kondisi, sukulen juga rentan mengalami kekurangan air. Salah satu ciri sukulen kekurangan air adalah media tanamnya yang mulai mengering. Ketahui ciri lainnya di sini.

Ciri-ciri Sukulen Kekurangan Air

Ciri-ciri Sukulen Kekurangan Air. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Mar Núñez
Dikutip dari buku Mengenal Sukulen karya Florinda, (2023) tanaman sukulen merupakan kelompok atau keluarga tanaman yang populer di kalangan penggemar tanaman hias karena memiliki bentuk dan juga karakteristik yang unik.
Salah satu karakteristik unik dari kelompok tanaman ini memiliki bentuk atau tekstur yang unik seperti daun berduri, daun berlapis-lapis, atau bentuk yang menarik. Bentuk ini berkontribusi pada daya tarik dan juga visual dari kelompok tanaman ini.
Selain itu tanaman ini memiliki warna yang menari di mana warna kelompok tanaman ini bisa beragam mulai dari hijau hingga merah, ungu, atau bahkan kebiruan. Warna ini sering kali menjadi daya tarik utama tanaman ini ketika dijadikan sebagai dekorasi rumah.
ADVERTISEMENT
Berbicara mengenai tanaman ini salah satu kemampuan istimewanya adalah bisa bertahan dalam kondisi yang panas karena beberapa bagian tubuhnya bisa menyimpan air dalam jumlah yang cukup banyak.
Namun, bukan berarti bahwa tanaman ini tidak bisa kekurangan air saat cuaca sangat panas.
Berikut ini adalah beberapa ciri sukulen kekurangan air yang pertlu diperhatikan oleh pemilik tanaman.

1. Daun Lembut dan Layu

Ciri paling umum dari tanaman ini yang kekurangan air adalah daunnya yang menjadi lembut dan layu. Daun kelompok tanaman ini yang sehat biasanya terasa kenyal dan padat, karena berisi air.
Ketika tanaman ini kekurangan air, daunnya akan kehilangan turgor dan menjadi lembek. Pada beberapa jenis sukulen, daun yang layu juga dapat berubah warna, menjadi lebih kusam atau bahkan kuning.
ADVERTISEMENT

2. Kerutan pada Daun

Kekurangan air juga dapat menyebabkan kerutan pada daun sukulen. Kerutan ini biasanya terlihat di bagian permukaan daun, dan dapat semakin parah seiring dengan semakin lamanya sukulen kekurangan air. Pada beberapa jenis sukulen, kerutan pada daun juga dapat disertai dengan retakan.
Demikian pembahasan mengenai ciri sukulen kekurangan air yang harus diketahui oleh pemiliknya. (WWN)