Konten dari Pengguna

Penyebab Daun Aglonema Kering dan Kuning

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
18 Juni 2024 23:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi aglonema kering. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi aglonema kering. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penyebab daun aglonema kering dan kuning merupakan salah satu faktor yang penting untuk diketahui pecinta tanaman. Sebab, kondisi ini bisa merusak keindahan dan kecantikan tumbuhan mahal ini.
ADVERTISEMENT
Dengan mengetahui penyebab duan aglonema kering dan kuning pula, pemilik bisa menemukan pencegahan dan penanganan yang tepat. Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Daun Aglonema Kering dan Kuning

Ilustrasi aglonema. Sumber foto: Unsplash
Dikutip dari buku Rahasia Kebun Asri, aglonema merupakan tanaman yang tidak memiliki zat kayu. Biasanya, daun mereka cukup tahan lama dan tidak mudah rontok, sehingga bagus jika dipelihara.
Meski begitu, memelihara daun aglonema tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi, salah satunya daun yang berubah kering dan kuning.
Aglonema yang berubah menjadi kering dan kuning sendiri disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut penjelasannya.

1. Media Tanam Sangat Lembab

Media tanam yang sangat lembab dapat menyebabkan akar tanaman membusuk, yang akhirnya membuat daun aglonema menjadi kering dan kuning. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika penyiraman dilakukan secara berlebihan, sedangkan sistem drainase buruk.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasinya, individu perlu membuat sistem drainase yang baik. Selain itu, hindari penyiraman berlebihan, agar pembusukan bisa dicegah dan diatasi.

2. Cuaca

Musim hujan bisa menjadi tantangan bagi aglonema karena pada saat ini, kelembaban udara menjadi sangat tinggi. Kelembaban yang berlebihan akan menyebabkan air menggenang dan akhirnya membuat daun aglonema kering dan kuning.

3. Media Tanam Jarang Diganti

Media tanam yang jarang diganti dapat menyebabkan penumpukan garam dan residu pupuk, yang akhirnya merusak kesehatan akar. Jika sudah seperti ini, daun aglonema akan menjadi kering dan kuning karena kekurangan nutrisi penting.

4. Terkena Penyakit

Penyakit pada tanaman, seperti infeksi jamur atau bakteri, juga dapat menyebabkan daun aglonema menjadi kering dan kuning. Gejala ini sering diikuti dengan munculnya bercak-bercak pada daun. Untuk mengatasinya, pastikan individu menggunakan fungisida.
ADVERTISEMENT

5. Usia Sudah Tua

Daun aglonema yang sudah tua tentunya akan mengalami perubahan warna dan tekstur. Sebagai siklus alami, kondisi ini tidak bisa dicegah. Meski begitu, pemilik bisa mengatasinya dengan pemangkasan rutin agar aglonema tetap terlihat cantik.
Demikian pembahasan mengenai penyebab daun aglonema kering dan kuning yang perlu diketahui. (RN)