Konten dari Pengguna

Penyebab Ikan Arwana Terbalik di Akuarium

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
11 Juli 2024 23:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ikan arwana. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ikan arwana. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penyebab ikan arwana terbalik di akuarium merupakan salah satu faktor yang penting diketahui penghobi akuarium. Sebab, kondisi ini bisa menjadi petunjuk bahwa ikan sedang mengalami masalah.
ADVERTISEMENT
Masalah yang dialami oleh ikan arwana sendiri bisa menyangkut kesehatan dan pertumbuhannya. Oleh karena itu, penting bagi pemilik untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kondisi tersebut.
Untuk memahami penyebab iakn arwana terbalik ketika berada di akuarium, simak pembahasannya di sini.

Penyebab Ikan Arwana Terbalik di Akuarium

Ilustrasi ikan arwana. Sumber foto: Unsplash
Dikutip dari buku Pintar Memilih dan Merawat Arwana milik PT Arwana Indonesia, arwana merupakan ikan hias yang memiliki tampilan fisik sempurna. Dengan tubuh ramping memanjang, dipadu sisik yang tersusun rapi, ia terlihat sangat menawan jika bergerak.
Gerakan yang ditampilkan juga terlihat sangat tenang, anggun, dan berwiba. Karena itu, tak heran jika arwana selalu dipuja dan digemari, meski harga jualnya di pasaran terbilang cukup tinggi.
Namun, merawat arwana tidaklah semudah yang dibayangkan. Pasalnya, mereka sering mengalami permasalahan, seperti berenang terbalik. Biasanya, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT

1. Benturan Saat Berenang

Salah satu penyebab umum ikan arwana berenang terbalik di akuarium adalah benturan saat berenang. Arwana merupakan ikan yang aktif sehingga senang berenang dengan kecepatan tinggi.
Ketika berenang dengan kecepatan tinggi inilah arwana bisa menabrak dinding akuarium atau benda yang ada di dalamnya, dan akhirnya membuat mereka mengalami pusing dan kehilangan kendali atas keseimbangan tubuh.

2. Kekurangan Oksigen

Kekurangan oksigen juga bisa menjadi penyebab ikan arwana berenang terbalik di akuarium. Arwana membutuhkan oksigen yang cukup untuk menjaga kesehatannya.
Ketika kadar oksigen dalam air menurun, ikan akan merasa lelah dan kesulitan bernapas. Akibatnya, arwana bisa terbawa arus air dan kehilangan kemampuan untuk berenang dengan benar.

3. Kesetrum

Kesetrum peralatan yang ada di dalam akuarium juga dapat menyebabkan ikan arwana berenang terbalik. Ketika arwana terkena arus listrik, mereka bisa mengalami syok berat dan akhirnya mengganggu sistem saraf dan otot.
ADVERTISEMENT
Hal inilah yang membuat arwana kehilangan kendali atas tubuh mereka dan akhirnya berenang terbalik.

4. Keseimbangan Tubuh Tidak Berfungsi

Penyebab arwana berenang terbalik yang terakhir adalah keseimbangan tubuh mereka (gurat) tidak berfungsi dengan baik. Biasanya, hal ini disebabkan oleh serangan jamur pada sisik. Akibatnya, arwana menjadi mudah terbawa arus dan terbalik.
Itulah beberapa faktor yang menyebabkan arwana terbalik di akuarium. Untuk mengatasinya, pemilik perlu memperhatikan tingkah laku ikan arwana secara rutin, serta kurangi alat-alat berbahaya di dalam akuarium. (RN)