Konten dari Pengguna

Taktik Dasar Catur yang Sangat Penting agar Cepat Menang

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
2 April 2024 20:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi taktik dasar catur, sumber foto: Vlada Karpovich by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi taktik dasar catur, sumber foto: Vlada Karpovich by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Permainan catur adalah aktivitas yang sangat mengasah otak karena membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi. Selain itu, ada taktik dasar catur yang perlu dipelajari pemula agar lebih mudah memang saat permainan.
ADVERTISEMENT
Awalnya, permainan catur ditemukan di India pada abad ke-6 dan telah dimainkan lebih dari 1.500 tahun. Setiap buah catur melambangkan unit-unit militer dalam perang waktu itu, tidak heran jika banyak yang sulit memahaminya.
Dikutip dari buku Dasar-dasar Bermain Catur; plus Penerapan Strategi Cina dalam Permainan Catur karya Apendi D.O.S, di bawah ini ada beberapa taknik dasar dalam permainan catur.

Taktik Dasar Catur

Ilustrasi taktik dasar catur, sumber foto: Vlada Karpovich by pexels.com
Taktik catur memang penting untuk dipahami karena termasuk langkah yang menguntungkan bagi pemain, terutama pemain pemula. Berikut beberapa taktik dasar catur yang perlu dikuasai oleh pemula agar lebih mudah memenangkan permainan.

1. Garpuan atau Serangan Ganda

Pertama ada taktik serangan ganda, serangan atau ancaman terhadap dua hal sekaligus untuk membuat lawan kesulitan. Serangan ini biasanya ditujukan pada satu bidak seperti menteri, kuda, atau pion.
ADVERTISEMENT

2. Menyerang F7/F2

Taktik serangan F7/F2 memiliki letak terlemah dalam papan catur, hal ini karena raja melindungi dari awal. Tidak heran jika taktik ini sering digunakan di tahapan awal hingga tengah permainan catur.

3. Skakmat Dasar

Skatmat dasar merupakan taktik yang mencapai klimaks dalam permainan hingga mudah untuk menang. Taktik ini bisa diterapkan pada Raja dan Menteri vs Raja, Dua Benteng vs Raja, serta Raja dan Benteng vs Raja.

4. Umpan

Jika ingin mengalihkan perhatian lawan hingga membuat lawan memikirkan strategi yang lain, maka gunakan taktik umpan. Pada taktik ini, pemain dapat memikirkan strategi yang berbeda, sehingga lebih mudah menguasai permainan tanpa lawan sadari.

5. Bertahan

Taktik bertahan bisa dilakukan ketika mendapat ancaman dari lawan. Biasanya pemain akan mempertahankan pion dengan perwira atau memainkan langkah bertahan di sayap raja untuk menghindari serangan skatmat.
ADVERTISEMENT

6. Skak Tarik atau Serangan

Serangan atau skak tarik adalah taktik yang tepat untuk menyingkirkan satu perwira dan membuka lajur bagi perwira penyerang lain. Kemudian dilanjut dengan skak tarik yang mana perwira yang menyingkir menyerang raja lawan agar menjadi skak.
Setiap pemula perlu tahu taktik dasar catur seperti penjelasan tersebut untuk lebih mudah memenangkan permainan catur.(DSI)