Tata Cara Menanam Peace Lily di Air Agar Tidak Mati

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
23 Mei 2024 22:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tata Cara Menanam Peace Lily di Air. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Lan Gao
zoom-in-whitePerbesar
Tata Cara Menanam Peace Lily di Air. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Lan Gao
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bunga Peace lily merupakan salah satu jenis bunga yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias di rumah. Bunga ini terkenal dengan bunganya yang cantik dan elegan.
ADVERTISEMENT
Bagi yang ingin menjadikannya sebagai hiasan di dalam ruangan, penting untuk mengetahui tata cara menanam Peace lily di air. Simak pembahasannya di sini.

Tata Cara Menanam Peace Lily di Air

Tata Cara Menanam Peace Lily di Air. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Sarah Dorweiler
Dikutip dari buku Planting Indoors karya Rohit Sahu, (2023) Peace lily, atau Spathiphyllum, adalah tanaman hias yang populer dan elegan. Daya tariknya terletak pada daun hijau tua yang mengkilap dan bunga putih yang mekar khas.
Salah satu manfaat dari bunga ini ketika berada di dalam ruangan adalah mampu menyerap polusi dan gas beracun. Selain itu, peace lily juga dapat meningkatkan kelembaban udara, yang bermanfaat bagi kesehatan pernapasan dan kulit.
Berikut ini adalah tata cara menanam peace lily di air yang bisa dijadikan panduan.
ADVERTISEMENT

1. Siapkan Vas Bunga yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin menanam Peace Lily di air adalah memilih vas bunga yang tepat. Gunakan wadah kaca bening atau pot keramik yang kokoh untuk menampung Peace lily.

2. Gunakan Media Tanam yang Baik

Agar bunga jenis ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik maka salah satu yang harus disiapkan adalah menyiapkan media tanam yang baik. Sebaiknya menggunakan media tanam berupa air yang berkualitas tinggi seperti air mineral atau air suling.
Hindari menggunakan air keran yang didalamnya ada bahan kimia seperti klorin dan lain sebagainya. Karena nantinya bisa membuat bunga ini menjadi layu dan akhirnya mati.

3. Tempatkan di Ruangan yang Terkena Cahaya

Meskipun diletakkan di dalam ruangan usahakan untuk menempatkan bunga yang satu ini di area yang terkena cahaya secara langsung. Hal ini agar proses fotosintesis yang dilakukan oleh bunga ini tidak terganggu.
ADVERTISEMENT

4. Ganti Air Secara Berkala

Guna menjaga kualitas air maka wajib untuk mengganti air secara berkala dengan air yang baru. Hal tersebut untuk mencegah adanya penumpukan alga dan kurangnya nutrisi bagi bunga yang pada akhirnya bisa membuat bunga menjadi mati.
Itulah penjelasan mengenai tata cara menanam Peace lily di air yang bisa dipraktikan di rumah. (WWN)