Teknik Bonsai untuk Pemula agar Tanaman Terlihat Cantik dan Unik

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Mei 2024 23:12 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Teknik Bonsai untuk Pemula. Foto: dok. Unsplash/Crystal Raindrop
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Teknik Bonsai untuk Pemula. Foto: dok. Unsplash/Crystal Raindrop
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Teknik bonsai untuk pemula adalah teknik perawatan dan pemeliharaan tanaman bonsai agar dapat tumbuh dengan indah dan subur. Ada beberapa teknik dasar yang perlu dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan pemangkasan yang benar.
ADVERTISEMENT
Selain itu, masih ada beberapa teknik lainnya yang dapat dilakukan. Sebelum mengenal ragam tekniknya, penting pula dikenali apa itu tanaman bonsai.

Mengenal Teknik Bonsai untuk Pemula

Ilustrasi Teknik Bonsai untuk Pemula. Foto: dok. Unsplash/Devin H
Tanaman hias yang dirawat di pekarangan rumah diketahui terdiri dari berbagai macam jenis. Salah satu jenis tanaman hias adalah tanaman bonsai. Apa itu tanaman bonsai?
Mengutip buku berjudul Bonsai Adenium yang ditulis oleh Abdul Hakim Lutfi, ‎Bagus Harianto (2007: 11), istilah bonsai berasal dari bahasa Jepang, yaitu dari kata “Bon" dan "Sai". "Bon" berarti wadah atau pot yang dangkal, sedangkan "Sai" yang berarti tanaman.
Tanaman bonsai juga dapat didefinisikan sebagai jenis tanaman yang ditanam di dalam pot yang dangkal. Pengertian lainnya adalah bonsai merupakan tanaman yang ditanam di dalam pot sebagai tiruan bentuk pohon tua yang berada di alam dengan mengikuti ide atau kreasi pembuatnya.
ADVERTISEMENT
Agar tanaman hias bonsai tetap tumbuh subur, dibutuhkan teknik dasar perawatan tanaman bonsai. Berikut ini adalah beberapa teknik bonsai untuk pemula yang dapat dijadikan sebagai pengetahuan untuk merawat tanaman bonsai.

1. Pemangkasan Tanaman yang Tepat

Teknik satu ini merupakan teknik yang penting untuk dilakukan agar dapat membentuk bonsai yang indah. Agar proses pemangkasan berjalan baik, sebaiknya gunakan gunting bonsai yang tajam untuk memangkas cabang atau daun.
Ketika melakukan pemangkasan, perhatikan daun dan tangkai yang akan dipotong. Pastikan tanaman tidak dipangkas secara keseluruhan. Pilihlah bagian tanaman yang sudah harus dipotong, yaitu daun dan dahan yang sudah tua atau yang sudah terlalu panjang.
Pemangkasan perlu dilakukan secara hati-hati agar proporsi dan bentuk tanaman terlihat indah dan cantik.
ADVERTISEMENT

2. Pembentukan Cabang

Agar bonsai yang ditanam membentuk bonsai yang cantik, coba bentuk cabang atau batang bonsai dengan menggunakan kawat bonsai. Atur cabang dan dahan tanaman secara hati-hati untuk membentuk posisi tanaman sesuai dengan yang diinginkan.

3. Pemindahan Tanaman (Repotting)

Repotting atau pemindahan tanaman dapat dilakukan ketika bonsai terlihat tumbuh terlalu besar dan membutuhkan tempat berkembang yang lebih besar.
Ketika repotting, pemilik tanaman juga dapat mengganti media tanam dengan media yang lebih baik lagi. Untuk masa repotting dapat dilakukan setiap 1-2 tahun sekali. Hal ini disesuaikan dengan jenis tanaman bonsai.
Demikian sederet teknik bonsai untuk pemula. Dengan mengikuti teknik ini, tanaman bonsai dapat tumbuh dengan baik dan membentuk tanaman yang sesuai dengan keinginan. (DAP)