Tips Liburan Sepeda Motor agar Tetap Aman dan Nyaman

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 23:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Liburan Sepeda Motor. Foto: dok. Unsplash/Sourav Mishra
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Liburan Sepeda Motor. Foto: dok. Unsplash/Sourav Mishra
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips liburan sepeda motor banyak dicari tahu, khususnya bagi para penghobi touring. Agar liburan nyaman dan menyenangkan, pengendara perlu mempersiapkan berbagai hal.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah menggunakan pengaman untuk berkendara terstandar. Selain itu, masih ada beberapa tips lainnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan.

Tips Liburan Sepeda Motor

Ilustrasi Tips Liburan Sepeda Motor. Foto: dok. Unsplash/Aleksandr Gordikov
Dikutip dari buku Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor SMK/MAK Kelas XI. Program Keahlian Teknik Otomotif. Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (Edisi Revisi) oleh Z. Furqon, S.T., Drs. Joko Pramono (2021), sepeda motor adalah kendaraan bermotor roda dua yang banyak digunakan untuk berkendara.
Motor saat ini tak hanya digunakan untuk berkendara dalam jarak dekat, tetapi juga jarak jauh. Untuk dapat menikmati liburan menggunakan motor dengan aman dan nyaman, berikut adalah tips liburan sepeda motor yang dapat diikuti.

1. Perawatan dan Pengecekan Kondisi Motor sebelum Berangkat

Agar perjalanan terasa nyaman dan aman, pastikan perawatan dan pengecekan kondisi motor perlu dilakukan. Pastikan tekanan ban, cek oli mesin, rem, serta komponen motor lainnya dalam kondisi baik untuk digunakan perjalanan jauh.
ADVERTISEMENT

2. Gunakan Pakaian dan Perlengkapan Berkendara yang Aman dan Terstandar

Penggunaan perlengkapan berkendara yang aman dan terstandar perlu dipertimbangkan. Mulai dari helm, jaket pelindung, sarung tangan, serta sepatu perlu digunakan agar berkendara menjadi aman dan nyaman.
Selain itu, jangan lupa persiapkan pula jas hujan untuk berjaga-jaga jika hujan di tengah perjalanan.

3. Simpan Dokumen Penting dengan Aman

Selain menggunakan pakaian dan perlengkapan yang aman untuk berkendara, pastikan pula dokumen penting dibawa dan diletakkan dalam tempat aman.
Misalnya, KTP, SIM, STNK, ATM, serta asuransi motor juga perlu disimpan dalam tempat yang aman agar terhindar dari potensi pencurian atau terjatuh saat di perjalanan.

4. Pastikan Membawa P3K

Perlengkapan P3K atau Pertolongan Pertama pada Kecelakaan perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi kondisi darurat yang mungkin terjadi di perjalanan.
P3K biasanya berisi perban, kapas, plester, obat-obatan pribadi atau obat-obatan dasar, serta alat pembersih luka ringan.
ADVERTISEMENT
Itu dia sederet tips liburan sepeda motor yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk liburan yang aman dan nyaman menggunakan sepeda motor. Selamat berlibur! (DAP)