3 Ruang Terbuka Hijau di Jakarta untuk Rekreasi Ramah Dompet

Seputar Jakarta
Mengulas serba serbi kota Jakarta, mulai dari sejarah, pariwisata, kebudayaan, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
18 Januari 2024 17:23 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Jakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ruang terbuka hijau di Jakarta. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/George Bakos
zoom-in-whitePerbesar
Ruang terbuka hijau di Jakarta. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/George Bakos
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ruang terbuka hijau di Jakarta menjadi destinasi yang diandalkan bagi warga kota metropolitan yang sedang jenuh dengan hiruk pikuk kota. Selain itu, kawasan hijau tersebut juga memiliki dampak yang baik.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Oase di Tengah Kota: Kota Ekologis dan Penyiapan RTH, Dimas Hastama Nugraha, Yudha Pracastino Heston (2018:89), keberadaan ruang terbuka hijau memberi pengaruh positif pada interaksi sosial. Karena itu, tidak ada salahnya mengunjungi kawasan hijau sebagai tempat rekreasi.

Ruang Terbuka Hijau di Jakarta yang Asri dan Ramah di Kantong

Ruang terbuka hijau di Jakarta. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Katee Lue
Ruang terbuka hijau di Jakarta dengan suasana yang asri bisa dikunjungi tanpa perlu rogoh kocek sedikit pun. Berikut beberapa tempat yang bisa menjadi referensi.

1. Hutan Kota GBK

Area hijau dengan pemandangan yang menyejukan mata menjadi sebuah pelipur penat dari keramaian kota. Hutan kota yang berada di kawasan GBK ini menjadi sebuah ruang terbuka yang bisa dikunjungi oleh umum.
Kerap dijadikan lahan bertamasya bagi keluarga juga menjadi area lari pagi bagi yang gemar berolahraga. Sudut-sudutnya yang indah sehingga tak perlu heran jika banyak yang mengabadikan momen saat berkunjung ke lokasi.
ADVERTISEMENT

2. Tebet Eco Park

Taman satu ini memiliki lahan seluas 7,3 hektare yang tidak hanya terdiri dari kawasan hijau melainkan didukung dengan fasilitas lainnya. Fasilitas yang tersedia seperti playground, area olahraga, hingga area khusus untuk para pengunjung yang membawa anabul.
Satu ikon yang menjadi daya tarik yaitu infinity link bridge adalah jembatan yang menghubungkan antara taman utara dan selatan. Para pengguna transportasi umum dapat mengunjungi lokasi dengan mudah yaitu menggunakan Jaklingko nomor JAK.18 atau JAK.43B.
ADVERTISEMENT

3. Taman Suropati

Kawasan yang hijau dengan air mancur yang tertata rapi membuat taman ini menarik dikunjungi. Tempatnya yang asri dan terawat membuatnya acapkali dikunjungi sebagai tempat rekreasi bersama keluarga.
Ruang terbuka hijau di Jakarta menjadi destinasi ramah lingkungan dan ramah di dompet. Sejumlah referensi di atas semoga dapat dijadikan panduan berwisata saat berkunjung ke Jakarta. (NIS)