4 Hutan Kota Jakarta, Kawasan Hijau di Tengah Kota Metropolitan

Seputar Jakarta
Mengulas serba serbi kota Jakarta, mulai dari sejarah, pariwisata, kebudayaan, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
21 November 2023 13:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Jakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi hutan Kota Jakarta. Sumber: Unsplash/Luiza Giannelli
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hutan Kota Jakarta. Sumber: Unsplash/Luiza Giannelli
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hutan Kota Jakarta menjadi tempat yang tepat untuk rehat sejenak dari keramaian kota. Tak jarang juga banyak yang menjadikan kawasan hijau di tengah kota ini untuk berolahraga seperti lari pagi hingga piknik bersama keluarga.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari jakarta.go.id, meski lahan di Jakarta terbatas, upaya peningkatan kawasan hutan tetap dilakukan semata-mata sebagai paru-paru kota. Maka itu, tidak perlu heran jika di tengah Kota Metropolitan ini dapat ditemui beberapa lahan dengan kawasan hijau.

4 Hutan Kota Jakarta

Ilustrasi hutan Kota Jakarta. Sumber: Unsplash/Jason Leung
Hutan Kota Jakarta dapat dijadikan destinasi saat sedang jenuh dengan keramaian ibu kota. Berikut sejumlah referensi hutan kota yang bisa ditemukan di tengah kota metropolitan.

1. Hutan Kota GBK

Healing tipis-tipis tanpa perlu perjalanan jauh, bagi warga Jakarta dapat mengunjungi Hutan Kota GBK sebagai solusinya. Lokasinya pun sangat strategis dan mudah untuk diraih menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.
Bagi yang berminat untuk menghabiskan waktu di sini disarankan untuk datang di pagi hari agar suasana lebih sejuk dan teduh. Untuk biaya tidak perlu khawatir sebab akses masuk ke hutan kota ini tidak memerlukan biaya sedikit pun.
ADVERTISEMENT

2. Hutan Kota Srengseng

Lahan terbuka penuh pepohonan dan rerumputan menjadi suasana yang menyegarkan dikala sedang jenuh dengan keramaian kota. Untuk itu tidak ada salahnya mengunjungi Hutan Kota Srengseng yang berada di Jalan Haji Kelik, Srengseng, Jakarta Barat.
Meski dahulu digunakan sebagai tempat penampungan sampah, mulai tahun 1995 hutan ini difungsikan sebagai tempat rekreasi, melindungi flora dan fauna serta menjadi tempat penelitian plasma nutfah. Untuk dapat masuk ke hutan kota ini pengunjung dikenakan tarif mulai Rp2.000.

3. Taman Hutan Kota Penjaringan

Memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari jalur khusus untuk berlari, toilet, outdoor gym, hingga area pemancingan dapat ditemukan di hutan kota satu ini. Sesuai dengan namanya, konsep hutan kota di Jakarta Utara ini merupakan gabungan dari taman dan hutan kota.
ADVERTISEMENT
Tempatnya yang bersih dengan udara yang segar sehingga pas dijadikan sebagai destinasi untuk olahraga pagi saat akhir pekan. Uniknya, di sini terdapat satu area tanaman pucuk merah dengan bentuk labirin yang estetis untuk diabadikan dalam kamera.

4. Hutan Kota Cijantung

Di daerah Jakarta Timur juga dapat ditemukan hutan kota tepatnya di Jalan RA. Fadillah, Cijantung, Pasar Rebo. Memiliki lahan seluas kurang lebih 17 hektare, hutan kota ini menyediakan area duduk yang bisa digunakan untuk beristirahat selepas berkeliling.
Terdapat beragam tumbuhan yang menghiasi hutan Cijantung mulai dari flamboyan, mahoni, hingga pohon jati mampu menambah suasana rindang. Tempatnya yang terawat dan bersih sehingga pengunjung tidak perlu ragu untuk datang ke hutan satu ini.
ADVERTISEMENT
Hutan Kota Jakarta dapat menjadi tempat untuk menyegarkan pikiran selepas kesibukan harian. Sejumlah informasi di atas semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat khususnya bagi warga Jakarta. (NIS)