Konten dari Pengguna

4 Rekomendasi Oleh-Oleh Jakarta buat Pulang Kampung, Unik dan Terfavorit

Seputar Jakarta
Mengulas serba serbi kota Jakarta, mulai dari sejarah, pariwisata, kebudayaan, dan lainnya.
6 April 2024 15:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Jakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Oleh oleh jakarta buat pulang kampung. Sumber foto: Unsplash/Ishaq Robin
zoom-in-whitePerbesar
Oleh oleh jakarta buat pulang kampung. Sumber foto: Unsplash/Ishaq Robin
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mudik adalah salah satu tradisi Lebaran di Indonesia. Pada umumnya, ini juga dibarengi dengan membeli buah tangan untuk dibawa ke kampung halaman. Bagi perantau yang mau mudik dari Ibu Kota, ada beragam oleh-oleh Jakarta buat pulang kampung yang unik.
ADVERTISEMENT

Rekomendasi Oleh-Oleh Jakarta buat Pulang Kampung, Sebagai Hadiah dan Kenang-Kenangan

Oleh oleh jakarta buat pulang kampung. Sumber foto: Unsplash/Aim Aris
Oleh-oleh Jakarta buat pulang kampung ada macamnya. Bisa makanan, baju, ataupun aksesoris. Bagi yang masih bingung mau membeli apa sebagai oleh-oleh mudik dari Jakarta, rekomendasi terpopuler berikut bisa dipertimbangkan.

1. Roti Buaya

Meskipun dikenal sebagai roti seserahan untuk acara pernikahan adat Betawi, Roti Buaya juga dijual secara luas untuk konsumsi biasa. Sesuai namanya, roti ini memiliki ciri khas bentuk seperti buaya.
Walaupun dulu hanya tersedia varian roti tawar karena penggunaannya untuk acara pernikahan hanya sebagai simbol dan bukan untuk dimakan. Namun, zaman sekarang sudah banyak roti buaya dengan isian seperti keju, coklat, dan lain sebagainya.

2. Miniatur atau Aksesoris Ondel-Ondel

Mudik membawa oleh-oleh khas Jakarta belum afdal tanpa membawa suvenir ondel-ondel. Seperti yang sudah diketahui, ondel-ondel merupakan boneka pertunjukan tradisional Betawi yang sudah menjadi ciri khas Jakarta.
ADVERTISEMENT
Suvenir ondel-ondel ada banyak macamnya, mulai dari boneka mini sebagai pajangan, maupun gantungan kunci dan hiasan dinding.

3. Bir Pletok

Meskipun ada "bir" di namanya, minuman yang satu ini sama sekali tidak beralkohol, sehingga halal dan aman dikonsumsi anak-anak.
Mengutip Kuliner Betawi: Selaksa Rasa & Cerita, Shinta Treviningrum, (2016:57), minuman ini terbuat dari ekstrak rempah dan rimpang, mulai dari akar-akaran, jahe merah, cengkeh, dan banyak lagi.
Rasanya manis dengan sensasi yang hangat dan aroma yang wangi. Hal ini membuat minuman tradisional ini digemari banyak kalangan.

4. Kebaya Betawi

Oleh-oleh yang satu ini cocok bagi penerima wanita, apalagi yang hobinya koleksi baju. kebaya Betawi atau yang biasa disebut kebaya encim memiliki keunikan kerah bulat dan potongan baju yang lebih longgar.
ADVERTISEMENT
Biasanya kebaya ini juga memiliki hiasan berupa sulaman emas atau perak dengan beragam motif, biasanya kembang-kembang. Beberapa jenis kebaya encim juga dipengaruhi budaya peranakan atau Tionghoa, dengan motif seperti naga, bunga peoni, dan kupu-kupu.
Jadi itu dia beberapa oleh-oleh Jakarta buat pulang kampung terpopuler yang bisa dijadikan sebagai ide buah tangan di kala mudik. Kegiatan memberi hadiah untuk sanak keluarga dan kerabat di kampung halaman dapat memperkuat ikatan silahturahmi. (PNA)