Taman Hutan Kota Penjaringan, Punya Labirin Seru untuk Dijelajahi

Seputar Jakarta
Mengulas serba serbi kota Jakarta, mulai dari sejarah, pariwisata, kebudayaan, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
19 Februari 2024 14:44 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Jakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Taman Hutan Kota Penjaringan. Foto hanya sebagai ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Maksym Kaharlytskyi.
zoom-in-whitePerbesar
Taman Hutan Kota Penjaringan. Foto hanya sebagai ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Maksym Kaharlytskyi.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jakarta Utara memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bisa dikunjungi sekaligus dijelajahi, yakni Taman Hutan Kota Penjaringan. Taman ini punya 1 daya tarik yang menarik yaitu adanya labirin buatan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan Instagram resmi @temantaman.jkt yang dikelola oleh Pemerintah DKI Jakarta, taman yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara ini jadi salah satu tujuan menghabiskan akhir pekan masyarakat sekitar.

Daya Tarik Taman Hutan Kota Penjaringan

Taman Hutan Kota Penjaringan. Foto hanya sebagai ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Afdhal N..
Taman labirin di Taman Hutan Kota Penjaringan memang menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki dari taman ini. Namun, ada beberapa daya tarik lainnya yang bisa menjadi referensi untuk berkunjung ke taman hutan kota ini.

1. Terletak di Dekat Tol Pelabuhan dan Banjir Kanal

Daya tarik pertama ada di lokasinya. Lokasinya berada di dekat Tol Pelabuhan dan juga Banjir Kanal Barat. Sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH), taman ini memberi nafas segar tersendiri di tengah kesibukan Jakarta.

2. Taman yang Tertata Rapi

Taman ini termasuk taman yang telah tertata rapi. Terdapat jogging track yang juga bisa menjadi jalur berjalan kaki di kawasan taman ini. Berbagai pepohonan tinggi ada di taman hutan kota ini. Bahkan di bagian sisi lainnya masih tertata pohon-pohon tinggi layaknya hutan.
ADVERTISEMENT

3. Cocok untuk Olahraga dan Habiskan Akhir Pekan

Dikarenakan ada dan tersedianya jogging track, membuat taman ini juga cocok untuk berolahraga. Apalagi pada akhir pekan, akan dipenuhi dengan orang-orang berolahraga.
Selain itu, taman hutan kota ini juga cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama dengan keluarga.

4. Terdapat Menara Pengawas yang Menjulang

Hutan kota di Penjaringan ini memiliki menara pengawas yang menjulang tinggi. Dari menara ini, bisa melihat pemandangan taman hutan kota, bahkan melihat tol dan kali Banjir Kanal.

5. Labirin Seru untuk Dijelajahi

Hal yang menjadi daya tarik utama adalah labirin di taman ini. Labirinnya berada di depan menara pengawas. Labirin ini ditumbuhi dengan pohon pucuk merah dengan penataan yang apik. Labirin ini juga menarik dan seru untuk dijelajahi.
Berkunjung ke tempat ini tidak diberlakukan harga tiket masuk alias gratis. Taman ini buka 24 jam. Namun disarankan untuk mendatanginya pada pagi atau sore hari karena cuacanya lebih sejuk.
ADVERTISEMENT
Begitulah informasi mengenai Taman Hutan Kota Penjaringan, yang punya labirin seru untuk dijelajahi bersama keluarga. (Fitri A)