3 Kuliner di Kampung Ketandan Jogja: Destinasi Wajib Pencinta Chinese Food

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 14:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kuliner di Kampung Ketandan Jogja. Foto hanya ilustrasi. Bukan tempat yang sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Kevin
zoom-in-whitePerbesar
Kuliner di Kampung Ketandan Jogja. Foto hanya ilustrasi. Bukan tempat yang sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/Kevin
ADVERTISEMENT
Kuliner di Kampung Ketandan Jogja berada di daerah percinaan. Kawasan ini merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi kala berada di area Malioboro, Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya dikenal dengan bangunan-bangunannya yang memiliki arsitektur Tionghoa dan gapura megahnya di bagian depan, Kampung Ketandan juga menyimpan sejarah. Selain itu, wisatawan di sini juga bisa menemukan berbagai macam kuliner khas Tionghoa.

Rekomendasi Kuliner di Kampung Ketandan Jogja

Kuliner di Kampung Ketandan Jogja. Foto hanya ilustrasi. Bukan tempat yang sebenarnya. Sumber foto: Unsplash/National Cancer
Bagi yang ingin berwisata ke Kampung Ketandan di Yogyakarta, jangan lupa untuk mecicipi berbagai wisata kulinernya. Mulai dari kuliner asin hingga kuliner yang manis ala Chinese food.
Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner di Kampung Ketandan Jogja yang menarik untuk dicicipi.

1. Sate Babi dan Nasi Bakmoy Babi Ketandan

Sebagai salah satu daerah Percinaan, Ketandan dikenal punya warung-warung makan yang menjual kuliner non-halal. Salah satu yang legendaris dan banyak dicari oleh wisatawan adalah sate babi serta bakmoy babi.
Warung satu ini terletak di Jalan Ketandan Kulon, dan berlokasi di pinggir jalan. Meski sederhana, tempat ini senantiasa dicari oleh para wisatawan yang menggemari kuliner non-halal.
ADVERTISEMENT

2. Yammie Ketandan

Di daerah Ketandan, ada juga warung yamie yang sudah dikenal akan kelezatannya. Namanya adalah Yammie Ketandan. Yammie Ketandan ini memiliki rasa lezat dan juga halal.
Bangunan dari tempat makan ini masih bergaya tradisional. Dikutip dari Instagram @yammie_ketandan, lokasinya berada di Jl. Ketandan Wetan no 14, Ngupasan, Gondomanan. Harganya pun cukup ramah di kantong.

3. Toko Roti Djoen

Toko Roti Djoen ini sudah dibuka sejak tahun 1942 yang lalu. Toko roti legendaris ini bisa berlokasi di Jl. Margo Mulyo No. 78, Ngupasan, Jogja.
Salah satu kekhasannya adalah plang yang berwarna hijau tua dengan tulisan kuning. Selain di daerah Ketandan, toko roti ini juga memiliki cabang bernama Toko Roti Djoen 'Muda' di Jl. Kolonel Sugiyono No. 70 C.
ADVERTISEMENT
Demikianlah beberapa rekomendasi tempat kuliner di Kampung Ketandan Jogja yang dapat dikunjungi oleh para pencinta chinese food. (Gin)