Konten dari Pengguna

Geblek Menoreh Kulon Progo: Daya Tarik, Menu, dan Jam Operasional

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
7 Januari 2024 15:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Geblek Menoreh (bukan tempat sebenarnya). Sumber: Ikiik Studio /Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Geblek Menoreh (bukan tempat sebenarnya). Sumber: Ikiik Studio /Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Geblek Menoreh merupakan angkringan tepi sawah dengan pemandangan Bukit Menoreh yang indah. Lokasi tepatnya yakni ada di Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Selain bisa menikmati pemandangan sawah dan perbukitan, di sini pengunjung bisa menikmati menu-menu khas angkringan Jogja. Untuk itu, bagi yang ingin berkunjung, ada baiknya untuk mengetahui apa saja menunya dan kapan jam operasionalnya.

Daya Tarik dan Menu Geblek Menoreh Kulon Progo

Ilustrasi Geblek Menoreh (bukan tempat sebenarnya). Sumber: Nisrina Nurhasna / Unsplash
Daya tarik utama dari Geblek Menoreh yakni pemandangan alam yang memesona. Hamparan sawah hijau serta pemandangan Bukit Menoreh sangat menyegarkan mata dan pikiran. Selain itu juga cocok diunggah di laman media sosial.
Pengunjung juga bisa bersepeda mengelilingi sawah, nongkrong bersama teman, atau bersantai sejenak menikmati udara yang sejuk. Di sini juga sudah disediakan persewaan sepeda dan skuter.
Untuk menunya ada makanan khas Kulon Progo yakni geblek. Dikutip dari laman https://dinpar.kulonprogokab.go.id, geblek terbuat dari tepung kanji, bawang putih, dan garam. Bentuknya yang unik, berbentuk angka 8, menambah ciri khas makanan tersebut.
ADVERTISEMENT
Selain itu ada juga menu angkringan khas Jogja, contohnya nasi kucing, nasi goreng, sate usus, sate telur puyuh, brongkos, sayur lodeh, tempe kemul, tahu susu lava menoreh, pisang goreng, dan lain-lain. Untuk minumannya ada kopi dan juga teh. Sedangkan harganya masih sangat terjangkau yakni mulai dari dua ribuan saja.

Jam Operasional dan Cara ke Sana

Ilustrasi Geblek Menoreh (bukan tempat sebenarnya). Sumber: Mikhail Nilov/Pexels
Berdasarkan informasi dari akun Instagram @geblekmenorehview, jam buka tempat wisata kuliner ini setiap hari mulai pukul 07.00 - 19.00 WIB.
Untuk menuju Geblek Menoreh dari Jalan Raya Wates ambil rute lurus terus hingga menemukan jembatan Sungai Progo. Namun sebelum jembatan, ambil kiri menuju ke Jalan Raya Nanggulan.
ADVERTISEMENT
Setelah itu jalan lurus hingga sampai ke perempatan lampu merah Nanggulan. Selanjutnya ambil kanan ke Jalan Raya Kenteng dan lurus terus hingga pasar Kenteng. Dari pasar temukan gang yang masuk ke lokasi wisata kuliner.
Demikianlah, Geblek Menoreh Kulon Progo menawarkan pengalaman kuliner yang unik dengan beragam menu lezat, dan daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi wajib bagi pencinta makanan. (NOV)