Gua Jomblang: Wisata Menantang dengan Keindahan Tersembunyi di dalamnya

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 14:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gua Jomblang . Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/bruno van
zoom-in-whitePerbesar
Gua Jomblang . Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/bruno van
ADVERTISEMENT
Gua Jomblang adalah satu satu gua di Yogyakarta yang kerap menjadi destinasi wisata alam pilihan pengunjung. Hal ini tidak terlepas dari daya tariknya yang membuat gua tersebut tampak berbeda dari gua-gua lainnya.
ADVERTISEMENT
Salah satunya bisa terlihat dari bagian gua yang berbentuk vertikal, sehingga dapat menguji adrenalin wisatawan yang masuk ke dalamnya. Bukan cuma itu saja, masih ada daya tarik lainnya yang dimiliki gua ini. Apa saja?

Menilik Gua Jomblang, Destinasi Wisata Alam Menarik di Gunung Kidul

Gua Jomblang . Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/devon janse van rensburg
Dikutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, Gua Jomblang adalah gua vertikal yang diakibatkan oleh runtuhnya tanah dan vegetasi karena proses geologi. Untuk turun dan menjelajahi gua, maka wisatawan memerlukan alat khusus.
Sementara untuk masuk ke perut gua tersebut, nantinya akan terbagi ke dalam empat jalur yang memiliki kedalaman berbeda-beda. Bagi pemula, maka disarankan untuk memilih jalur dengan kedalaman 15 meter. Sementara untuk yang sudah berpengalaman, bisa mencoba jalur setinggi 40 meter, 60 meter, dan 80 meter.
ADVERTISEMENT
Setelah sampai di dasar gua, wisatawan akan dibuat terpesona oleh keindahannya. Apalagi di sekeliling gua terdapat berbagai macam vegetasi tumbuhan purba yang terkesan cantik dan rimbun.
Tidak hanya itu saja, wisatawan juga akan dibuat terpukau dengan stalagmit dan stalaktit yang ada di langit gua. Menariknya lagi, ada aliran sungai yang cukup deras di dalam gua.
Lanjut menjelajahi gua, wisatawan akan menemukan Luweng Grubug atau spot untuk melihat keindahan cahaya surga. Spot tersebut banyak diabadikan di media sosial sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya langsung.
Keindahan cahaya matahari yang menelusup melalui celah-celah gua tersebut bisa di nikmat pada pukul 10:00 WIB hingga 12:00 WIB. Dengan catatan, wisatawan datang saat cuacanya sedang cerah.
ADVERTISEMENT

Harga Tike Masuk, Jam Operasional, dan Lokasi Gua Jomblang

Gua Jomblang . Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/michael behrens
Untuk masuk ke gua ini, wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Hanya saja bagi yang tidak membawa peralatan caving, akan dikenakan tarif sewa caving mulai dari Rp450.000.
Gua ini bisa dikunjungi mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 14:00 WIB. Untuk lokasinya berada di Jetis, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893.
Itulah informasi lengkap seputar Gua Jomblang. Bagi yang suka dengan wisata ekstrem, maka bisa melakukan liburan ke gua tersebut. (VIN)