Kalisuci Cave Tubing: Petualangan Menyusuri Gua di Aliran Sungai Bawah Tanah

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
21 Februari 2024 11:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kalisuci Cave Tubing. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Colin Cassidy
zoom-in-whitePerbesar
Kalisuci Cave Tubing. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Colin Cassidy
ADVERTISEMENT
Desa Semanu di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, merupakan lokasi Kalisuci Cave Tubing berada. Objek wisata susur sungai dalam gua ini semakin hari semakin menarik perhatian wisatawan dari dalam dan luar negeri.
ADVERTISEMENT
Aktivitas cave tubing memang kian populer. Salah satu keunikannya terletak pada keterbatasan jumlah lokasi yang menawarkan pengalaman ini.
Diketahui, di seluruh dunia, hanya ada tiga negara yang terkenal dengan wisata cave tubing ini. Negara-negara tersebut adalah New Zealand, Meksiko, dan Indonesia, dengan lokasi di Gunungkidul.

Kalisuci Cave Tubing: Susur Gua melalui Sungai Bawah Tanah

Kalisuci Cave Tubing. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Branko Besevic
Menurut penjelasan yang ada di jadesta.kemenparekraf.go.id, cave tubing merupakan kegiatan menyusuri sungai dan masuk ke dalam gua, dengan menggunakan ban dalam atau pelampung. Kalisuci Cave Tubing menawarkan pengalaman penuh keseruan dan kegembiraan ini untuk dinikmati selama liburan.
Saat menyusuri gua, pengunjung akan dapat menikmati keindahan alam dalam gua, seperti beragam bentuk stalagmit dan stalaktit, menawarkan pemandangan memukau yang akan memesona siapa saja.
ADVERTISEMENT
Selain itu, juga ada pemandangan karang dan tebing karst yang membingkai sungai, menampilkan warna-warni batuan yang menakjubkan.
Petualangan cave tubing di Kalisuci tidak hanya mencakup satu gua saja, tetapi melintasi beberapa gua lainnya yang tak kalah menarik. Gua-gua tersebut adalah Gua Suci, Gua Luweng Senglat, Gua Geleng, hingga Gua Buri Omah.

Informasi Kalisuci Cave Tubing yang Perlu Diketahui

Kalisuci Cave Tubing. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Hasmik Ghazaryan Olson
Kalisuci Cave Tubing beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Untuk memasuki area Gua Kalisuci, pengunjung hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp5.000.
Bagi yang ingin merasakan pengalaman cave tubing, tarifnya adalah Rp70.000 per orang. Tarif ini berlaku untuk minimal 5 orang peserta.
Kalisuci Cave Tubing dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Tersedia area parkir yang luas, helm untuk keamanan, tabung oksigen, dan tour guide yang siap memandu selama petualangan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada juga warung makan untuk bersantai sejenak, serta penyewaan peralatan seperti pelampung, headlamp, dan pengaman lutut.
Fasilitas ini menjamin pengalaman yang menyenangkan dan aman bagi siapa saja yang datang bersama keluarga atau teman-teman ke Kalisuci Cave Tubing di Yogyakarta. (CR)