Menjelajahi 3 Goa di Yogyakarta yang Terindah

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
21 Februari 2024 10:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Goa di Yogyakarta. Sumber: Unsplash/Iswanto Arif
zoom-in-whitePerbesar
Goa di Yogyakarta. Sumber: Unsplash/Iswanto Arif
ADVERTISEMENT
Goa di Yogyakarta menawarkan pesona wisata alam yang beragam dan menarik. Setiap goa di kawasan ini mempunyai keunikan tersendiri, mulai dari struktur vertikal yang memukau hingga keberadaan sungai bawah tanah yang menantang untuk dijelajahi.
ADVERTISEMENT
Kekayaan alam ini menarik perhatian tidak hanya karena keindahan fisiknya, tetapi juga karena memberikan pengalaman petualangan yang berbeda.
Pengunjung dapat menikmati eksplorasi gua yang dilengkapi dengan stalaktit dan stalagmit yang indah, serta mengagumi formasi batu kapur yang telah terbentuk selama ribuan tahun.

3 Goa di Yogyakarta yang Terindah untuk Ditelusuri

Goa di Yogyakarta. Sumber: Unsplash/Shawn Pang
Keberagaman goa di Yogyakarta menjadikannya destinasi yang sempurna bagi pencinta alam dan petualang yang ingin mengeksplorasi keindahan bawah tanah. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Gua Jomblang

Gua Jomblang menawarkan pengalaman wisata gua yang unik dan menantang. Menurut informasi yang ada di wisata.gunungkidulkab.go.id, gua ini memiliki struktur vertikal yang memukau lantaran terbentuk dari proses geologi yang menyebabkan runtuhnya tanah dan vegetasi.
Pengunjung dapat menjelajahi lorong-lorong yang dihiasi stalaktit dan stalagmit, serta menikmati suara aliran sungai yang deras di bawah tanah.
ADVERTISEMENT
Ketika matahari sudah meninggi, akan ada fenomena cahaya surga menembus masuk dari langit-langit gua. Hal ini membuat pemandangan di dalam gua semakin spektakuler.
Terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, gua ini berjarak sekitar 49 km dari pusat Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh 1,5 hingga 2 jam. Untuk menikmati semua ini, tiket masuk ditawarkan dengan harga Rp500.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk peralatan untuk caving, jasa pemandu, asuransi, dan makan siang.

2. Gua Pindul

Gua Pindul dikenal sebagai destinasi wisata gua yang indah untuk dijelajahi, ditambah dengan adanya aliran sungai bawah tanah. Terletak di Desa Gelaran 1, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, tempat ini bisa dijangkau dalam waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Jogja.
ADVERTISEMENT
Di Gua Pindul, pengunjung memiliki kesempatan untuk menikmati berbagai aktivitas seru. Mulai dari berkendara dengan mobil wisata jeep, rafting di dalam gua, hingga menyusuri sungai bawah tanah. Biaya untuk kegiatan-kegiatan ini berkisar antara Rp40.000 sampai Rp450.000.
Pengunjung juga tak perlu khawatir soal fasilitas, karena di sini tersedia beragam kemudahan seperti rumah makan, area parkir yang luas, dan penginapan.

3. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo terletak di lereng Perbukitan Menoreh, berada di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan jarak sekitar 38 km dari pusat Kota Yogyakarta, perjalanan ke sana membutuhkan waktu sekitar 2 jam.
Gua ini terkenal sebagai gua karst tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 700 mdpl. Hal ini memberikan nilai historis penting terkait dengan Masa Samudera Jaya, menandai berakhirnya era geologi kuno yang dikenal dengan Old Andesite Formation. Kunjungan ke Gua Kiskendo sangat terjangkau, dengan tiket masuk hanya Rp6.000 per orang.
ADVERTISEMENT
Setiap goa di Yogyakarta yang sudah dibahas, dengan cerita dan formasi batunya yang unik, menambah daftar alasan untuk menghargai dan menjaga kekayaan alam Indonesia, terutama yang ada di bentang alam Jogja. (CR)