Kampung Ketandan Jogja, Kawasan Pecinan yang Menarik untuk Dikunjungi

Seputar Yogyakarta
Mengulas serba serbi kota Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 14:04 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Yogyakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kampung Ketandan Jogja, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Jason Weingardt
zoom-in-whitePerbesar
Kampung Ketandan Jogja, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Jason Weingardt
ADVERTISEMENT
Kampung Ketandan Jogja merupakan salah satu kawasan Pecinan yang menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, terdapat beragam daya tarik yang kaya akan budaya ada di sini. Tidak heran jika kawasan ini kerap ramai oleh wisatawan yang ingin menikmati keunikan dari tempat wisata satu ini.
ADVERTISEMENT
Kampung Ketandan lahir pada akhir abad 19 sebagai pemukiman orang Cina pada zaman Belanda sebagaimana dikutip dari situs resmi warta.jogjakota.go.id. Kawasan ini juga ditetapkan sebagai daerah cagar budaya oleh Pemerintah Kota Yogyakarta yang terus dikembangkan.

Daya Tarik dari Kampung Ketandan Jogja

Kampung Ketandan Jogja, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Matt Zhang
Sebagai tempat yang kaya akan nilai budaya, Kampung Ketandan Jogja menawarkan sejumlah daya tarik untuk wisatawan. Mulai dari arsitektur bangunan yang didominasi nuansa tempo dulu hingga Pawai Budaya Tionghoa.
Di kawasan ini ada banyak bangunan dengan gaya arsitektur Tionghoa yang unik. Seperti bangunan gapura besar yang bertuliskan ‘Kampoeng Ketandan’ di ujung jalan. Bangunan ikonik ini menjadi jalan masuk bagi wisatawan yang tertarik berwisata di kawasan Pecinan tersebut.
Tidak hanya gapura, di sini juga terdapat berbagai bangunan yang didominasi oleh ruko dengan arsitektur Tionghoa yang tidak kalah menarik. Apalagi jika datang ke kawasan ini pada waktu Imlek, berbagai bangunan yang ada di Kampung Ketandan akan dihiasi oleh lampion.
ADVERTISEMENT
Pada waktu Imlek juga akan ada perayaan pekan Budaya Tionghoa yang biasanya digelar pada akhir bulan Januari hingga awal Februari. Pada pekan budaya ini akan ada sejumlah kegiatan seru dan acara menarik yang bisa dinikmati oleh para wisatawan.
Perayaan yang diadakan sejak tahun 2006 ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti panggung hiburan, seni barongsai, hingga pasar kuliner dan pawai budaya di sepanjang Jalan Malioboro. Acara ini tidak hanya bisa dinikmati oleh warga Tionghoa, tetapi juga masyarakat Jogja dan wisatawan dari luar kota.

Lokasi dari Kampung Ketandan Jogja

Kampung Ketandan Jogja, foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya: Unsplash/Ravin Rau
Bagi yang tertarik menikmati dan menjelajahi keindahan Kampung Ketandan ini, maka bisa langsung datang ke lokasi yang ada di Jalan Ketandan Kulon, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di kawasan Malioboro, sehingga tidak sulit untuk dicapai.
ADVERTISEMENT
Dengan gapura besar yang ada di ujung jalan, wisatawan yang datang tidak akan sulit menemukan kawasan Pecinan ini. Apalagi jika datang di malam hari, gapura tersebut akan dilengkapi lampu yang membuatnya semakin menarik.
Kehadiran Kampung Ketandan Jogja ini menambah keberagaman budaya yang ada di Yogyakarta sebagai kota yang kaya akan budaya. Jadi, tertarik menjelajahi China Town-nya Jogja saat sedang liburan di sana? (PRI)