News23 Juli 2019 2:33

Serba-Serbi Mengelola Keuangan Keluarga yang Harus Mom Ketahui

Konten kiriman user
Serba-Serbi Mengelola Keuangan Keluarga yang Harus Mom Ketahui (585516)
Belajar Hidup Sehat Fisik, Mental, dan Finansial bersama KumparanMom dan Sun Life
Tingkat literasi keuangan perempuan di Indonesia masih tergolong rendah dibanding laki-laki. Padahal perempuan, khususnya ibu memiliki peran penting dalam mengatur keuangan keluarga. Untuk itu, KumparanMom bersama dengan Sun Life mengadakan acara Moms Mingle – Mom as The Guardian of The Family, yang berlangsung pada Sabtu (20/7) di Resto Cerita Rasa, Jakarta Selatan. Acara ini membahas pentingnya peran ibu dalam menciptakan keluarga yang sehat, tidak hanya sehat fisik dan mental, tetapi sehat juga secara finansial.
ADVERTISEMENT
Menurut Financial Planner, Annisa Sagita, tingkat literasi perempuan yang masih rendah dipengaruhi oleh pola pikir zaman dahulu yang terbawa sampai saat ini. Dahulu perempuan hanya mengurus rumah tangga, sementara soal keuangan dan mencari uang adalah tugas suami. Meski sekarang banyak perempuan yang bekerja, pola pikir ini masih sering terbawa sampai sekarang. Untuk mengatasi hal ini, kaum perempuan khususnya ibu harus aktif belajar dan mencari tahu tentang keuangan.
Pada dasarnya, perencanaan keuangan terbagi menjadi tiga, yaitu saat ini, masa depan, dan perlindungan. Yang termasuk perencanaan keuangan saat ini adalah cash flow kita, aset, dan management utang. Yang termasuk perencanaan keuangan masa depan adalah biaya sekolah, biaya travelling, kelahiran anak, beli rumah, dan lain-lain. Sementara perencaaan keuangan yang termasuk dalam perlindungan adalah self insurance atau asuransi.
ADVERTISEMENT
Setelah mengetahui dasar dari perencanaan keuangan, Moms bisa melakukan financial check up. Apa itu financial check up? Financial check up adalah langkah awal untuk mengetahui apakah kondisi keuangan kita kuat untuk jangka panjang. Mari kita lakukan pengecekan berikut ini:
1. Jumlah seluruh kekayaan dikurangi utang bernilai positif. Pertama, Moms bisa menjumlah seluruh kekayaan yang dimiliki, seperti mobil, hp, property, dan seluruh tabungan. Kemudian jumlah tersebut dikurangi dengan jumlah utang seperti cicilan. Hasil yang baik akan bernilai positif.
2. Pemasukan lebih besar jumlahnya dibanding dengan pengeluaran.
3. Cicilan per bulan tidak lebih dari 30% jumlah pemasukan per bulan.
4. Memiliki dana darurat yaitu tabungan yang tidak pernah diutak-atik. Jumlahnya setidaknya 3x dari pengeluaran bulanan. Dana darurat ini nantinya dipakai saat keadaan tertentu misalnya, kendaraan rusak, gadget rusak, atau bahkan tiba-tiba terjadi PHK.
ADVERTISEMENT
5. Yang terakhir yaitu memiliki asuransi yang cocok untuk keluarga.
Selanjutnya, Moms harus mengetahui proporsi yang tepat untuk membagi penghasilan keluarga agar finansial keluarga tetap sehat. Pembagian tersebut untuk biaya hidup sebesar 40%, Cicilan maksimal 30%, tabungan masa depan sebesar 20%, dan self insurance seperti asuransi, dana darurat atau investasi sebesar 10%.
Langkah berikutnya yaitu melakukan diskusi dengan suami. Belajar bersama, ajak suami untuk berkomunikasi membahas soal keuangan keluarga. Jangan pernah menanggung semua sendiri ya, Moms karena rumah tangga dikendalikan oleh dua pihak yaitu suami dan isteri.
Serba-Serbi Mengelola Keuangan Keluarga yang Harus Mom Ketahui (585517)
Para Narasumber di Acara Moms Mingle Kumparan dan Sun Life Indonesia
Pada kesempatan ini, KumparanMom dan Sun Life mengajak para Moms untuk menjalankan hidup sehat dan seimbang #LiveHealthierLives #MomsMingle. Tidak tanggung-tanggung, setelah belajar sehat finansial bersama finansial planner, para Moms diajak hidup sehat secara fisik dan mental bersama Kania Annisa yang berprofesi sebagai mompreneur dan Kelly Tandiono sebagai model dan brand ambassador Sun Life. Ternyata sehat fisik dan mental dapat dimulai dari hal kecil loh. Moms bisa mulai mengajak keluarga untuk minum air putih lebih banyak dari biasanya, tidur lebih cepat dari biasanya, naik tangga ketika berjalan-jalan di mall, melakukan me time, bersenda gurau dengan anggota keluarga. Hal-hal tersebut terkesan sepele tapi memiliki manfaat yang berarti untuk kesehatan fisik dan mental kita.
ADVERTISEMENT
Yuk Moms, kita mulai menjalankan hidup sehat, bukan cuma sehat fisik dan mental, tetapi sehat juga secara finansial. Moms pasti bisa.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white